Changi Singapura, Bandara Terbaik di Dunia

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Setelah mendapat predikat sebagai kota berkualitas hidup tertinggi di Asia, Singapura kembali mendapat penghargaan kelas dunia. Kali ini yang mendapat adalah  Bandara Changi yang terpilih sebagai bandara terbaik di dunia dalam ajang Skytrax World Airport Awards 2017. Penghargaan didasarkan pada survei pada 13,8 juta orang pengguna jasa penerbangan di  550 bandara seluruh dunia yang melayani  105 maskapai. Survei ini meliputi sejumlah faktor layanan dan jasa bandara, mulai dari check-in, layanan kedatangan, transit, belanja, keamanan dan imigrasi sampai keberangkatan.  Lima tahun berturut-turut Changi menyabet predikat serupa.

Terminal 3 Changi

Terminal 3 Changi

Menurut Lee Seow Hiang, CEO of Changi Airport Group, “Ini adalah dukungan dari sekitar 50.000 orang yang menjadi komunitas bandara Changi. Penghargaan ini sebagai pengakuan atas layanan kami yang begitu mementingkan penumpang atau pengguna bandara. Ke depan, kami terus menambah fasilitas guna memberi layanan yang lebih baik untuk lebih banyak penumpang, sebagai perwujudan dari visi kami, Changi Experience,” ujar Lee Seow Hiang, CEO of Changi Airport Group.  Edward Plaisted, CEO of Skytrax menambahkan,  diterimanya anugerah tersebut lima tahun berturut-turut menegaskan bahwa Changi begitu popular bagi pelancong internasional.  Posisi kedua dan ketiga terbaik adalah Tokyo International Airport – Jepang (Haneda) dan Incheon International Airport (Korsel). Berikutnya Munich Airport (Jerman) lalu Hong Kong International Airport.

Selain mendapat predikat terbaik di dunia dan Asia, Bandara Changi juga mendapat posisi tertinggi untuk kategori  Best Airport for Leisure Amenities. Adapun  Bandara Terbersih di dunia diraih Tokyo International Airport – Jepang (Haneda), sementara Changi hanya ada di posisi ke enam, merosot dari tahun lalu yang masih di peringkat keempat. Untuk kategori The World’s Best Airport Staff Service, tertinggi adalah Bandara Toiyuan, Taiwan dan untuk kategori  The World’s Best Airport Shopping, pemenangnya adalah  Bandara London (Inggris), Heathrow.  Berdasarkan klasifikasi jumlah penumpang, Bandara Haneda meraih Best Airport dengan jumlah penumpang di atas 60 juta dan Bandara Changi Airport Singapore untuk kategori penumpang berjumlah di atas 50 juta.

Bagaimana dengan Indonesia? Rampungnya Terminal 3 Ultimate, renovasi besar-besaran di semua fasilitas terminal dan runway, lalu pembangunan kereta bandara membawa Bandara Internasional Soekarno-Hatta  (SH) Jakarta meraih tempat teratas untuk kategori World’s Most Improved Airports. Penghargaan untuk kategori ini didasarkan pada perubahan kinerja kualitas dari tahun ke tahun atas semua fitur di bandara sesuai faktor-faktor yang dinilai dalam World Airport Survei. Bandara kebanggaan Indonesia itu mengalahkan Hamad International Airport di Doha (Qatar) yang menempati posisi keenam dalam The World’s Top Airports. Peningkatan kinerja itu membuat Bandara SH dalam The World’s Top Airports berada di peringkat 44, melonjak tajam dari 63 di tahun lalu.

Sumber: Skytrax

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me