Percaya atau Tidak di  AS Ada Rumah Rp600 Jutaan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Harga rumah di negara-negara maju tidak selalu tinggi. Di Amerika Serikat (AS) ada yang menawarkan hunian dengan harga sangat terjangkau, kurang dari Rp1 miliar. Rumah-rumah tersebut ditawarkan untuk investasi disertai jaminan sewa cukup bagus. Properti yang ditawarkan berada di tiga kota, yaitu Chicago (Illionis), Indianapolis (Indiana), dan Detroit di Michigan.

Rumah di AS

“Generasi saat ini di AS tidak lagi mementingkan membeli rumah, karena itu pasar hunian sewa di AS lebih besar dari yang mau membeli. Karena itu investasi rumah sangat menarik dengan harga yang terjangkau sudah bisa mendapatkan kepastian sewa,” ujar Dolf de Ros, Principal & Partner of Helix Homes AS saat media gathering di Jakarta, Kamis (16/3).

Harga rumahnya rata-rata 65 ribu dolar AS, termurah di Detroit mulai 40 ribuan dolar atau sekitar Rp600 jutaan. Konsumen yang membeli dengan pinjaman bank bunganya cukup rendah 5 persen. Umumnya lokasi rumahnya di pinggir kota dengan akses transportasi cukup mudah.

Pembeli akan mendapatkan jaminan sewa yang dijamin oleh asuransi. Selama asuransinya dibayar  jaminan sewanya dipastikan tetap ada. Harga rumah sudah termasuk premi asuransinya. Imbal hasilnya (yield)-nya lumayan tinggi sekitar 9,25 persen per tahun. Di Indonesia untuk properti komersial seperti apartemen patokan yield-nya  8 persen, rumah biasa 2-3 persen. Bila angkanya di bawah itu property tersebut dianggap tidak menguntungkan untuk investasi atau dulu membelinya terlalu mahal.

Selain jaminan sewa Helix Homes juga menawarkan program beli 1 rumah dapat 2  rumah. Rumah pertama dibeli secara tunai dengan jangka waktu 2 bulan, dari rumah pertama konsumen berhak mendapatkan pinjaman bank dengan nilai yang sama yang pembayaran cicilannya bisa dari pendapatan sewa setiap bulan.

Rumahnya rata-rata tipe 150/300 m2 kondisi sudah direnovasi total oleh Helix Homes. Calon penyewa akan diseleksi oleh Helix Homess dan asuransi sehingga tarifnya terkontrol dengan baik. Kecuali rumahnya sudah direnovasi Helix Homes tidak menjelaskan secara detil bagaimana teknis pengelolaannya, umur bangunannya, dan jaminan sewanya berapa lama.

Hans Herwin, Chief Marketing Asia Pacific Region Helix Homes America menambahkan, launching resmi untuk pasar Indonesia akan dilakukan pada akhir bulan depan. “Selama 1,5 bulan ini kami menargetkan bisa menjual 20-25 unit rumah senilai Rp20 miliaran, nantinya kami menargetkan 100 unit per bulan khusus untuk pasar Indonesia,” imbuhnya.

Memiliki properti di Amerika akan mendapatkan banyak kemudahan selain bunga bank yang rendah hanya 5 persen per tahun. Rata-rata rumah yang ditawarkan berada di pinggir kota namun dengan akses transportasi yang mudah dan nyaman.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me