Dua Negara Bagian Berlomba Bangun Stadion Baru Bagi Oakland Raiders

Big Banner
Stadium Oakland Raiders (Rumah123/Dezeen)

Komite Infrastruktur Pariwisata Nevada Selatan melansir kalau sejumlah pihak siap untuk berpatungan membangun stadion baru milik Oakland Raiders.

Klub American football NFL, Oakland Raiders berencana membangun stadion baru dengan nilai proyek mencapai US 1,9 miliar dollar (Rp 25,3 triliun).

Baca juga: Google Rilis Desain Terkini Kantor Baru, Wow Keren Banget!

Oakland Raiders memang berencana pindah dari Oakland, California menuju Las Vegas, Nevada lantaran kapasitas stadion Oakland Coliseum memang hanya 56 ribu penonton.

Stadion baru ini akan memiliki kapasitas 65 ribu penonton dan berdesain futuristik. Eksterior berwarna hitam seperti warna tim, hitam dan perak.

Baca juga: Apa Sih Penghargaan Bergengsi Arsitektur Pritzker Prize?

Rencananya, stadion baru ini akan menjadi proyek patungan sejumlah pihak. Pemerintah negara bagian sepakat untuk mengeluarkan US 750 juta dollar AS (Rp 10 triliun).

Pemilik Oakland Raiders, Mark Davis siap untuk merogoh US 500 juta dollar AS (Rp 6, 6 triliun), sedangkan raja kasino Sheldon Adelson juga akan mengeluarkan US 650 juta dollar (Rp 8,6 triliun).

Baca juga: Wuih, Betapa Indahnya Desain Arsitektur Museum of Islamic Art

Pemerintah kota Oakland dan wilayah Alameda pun tidak mau kalah dan bersiap untuk membangun stadion baru agar Oakland Raiders tidak pindah ke Las Vegas.

Stadion baru berkapasitas 55 ribu penonton yang berlokasi di Oakland ini akan menelan biaya US 1,3 miliar dollar (Rp 17,3 triliun).

Baca juga: Wow, IKEA Rilis Produk Bermaterial Rotan dan Batik Lho!

Sejumlah investor seperti Ronnie Lott Group dan Fortress Investment Group juga siap mendanai proyek ini.

Pemerintah kota siap berinvestasi US 200 juta dollar AS (Rp 2,6 triliun) untuk pembangunan stadion, plus menyediakan lahan senilai US 150 juta dollar AS (Rp 2 triliun).

Baca juga: Kota Brasilia Jadi Karya Monumental Arsitek Legendaris Oscar Niemeyer

Lott Group akan mengeluarkan US 400 juta dollar (Rp 5,3 triliun), sedangkan NFL dan Oakland Raiders akan berinvestasi sebesar US 500 juta dollar AS (Rp 6, 6 triliun).

Sebelumnya, NFL juga sudah mengeluarkan US 300 juta dollar (Rp 4 triliun) agar Oakland tidak pindah ke Los Angeles pada awal 2016.

Baca juga: Gara-gara Hantu, Presiden Brasil Kabur dari Istana!

Pemerintah kota Oakland dan wilayah Alameda memang tidak ingin agar Oakland Raider pindah karena klub ini menyumbangkan banyak pajak dan juga keuntungan lain dari para penggemar.

Kepindahan Oakland Raiders ke kota lain memang tidak mudah karena klub harus mendapatkan persetujuan 24 dari 32 pemilik klub NFL lainnya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me