Kembangkan Transportasi Massal, Pertumbuhan Properti Sydney Bakal Pesat

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Selama 10 tahun terakhir, pemerintah negara bagian New South Wales, Australia terus menfokuskan diri dalam investasi di bidang transportasi.

Nantinya, kota Sydney dengan daerah-daerah sekitarnya akan semakin terkoneksi dengan sistem transportasi massal.

Baca juga: Wow, IKEA Rilis Produk Bermaterial Rotan dan Batik Lho!

Dalam anggaran belanja negara bagian New South Wales pada periode 2016-2017, fokus investasi transportasi mencapai Rp 730 triliun. Sebanyak Rp 120 triliun di antaranya diperuntukkan untuk proyek Sydney Metro selama empat tahun ke depan.

“Pemerintah Negara Bagian NSW sejatinya sangat menyadari pentingnya sistem tranportasi massal yang terintegrasi dan modern dalam mendukung bukan hanya pergerakan dari penduduk Sydney tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dari New South Wales itu sendiri” ujar CEO Crown Group Holdings, Iwan Sunito dalam rilis persnya.

Baca juga: Wuih, Pembangunan Dubai Frame Sebentar Lagi Selesai Lho!

“Salah satu daerah yang merasakan manfaat langsung dari kebijakan tersebut adalah Waterloo yang merupakan sebuah daerah inner-city suburb yang sudah direvitalisasi dan terletak sekitar 4 kilometer dari CBD Sydney,” imbuh Iwan.

Belum lama ini, pemerintah negara bagian New South Wales mengumumkan kalau stasiun kereta Metro baru akan segera dibangun di Waterloo.

Baca juga: Wah, One Bayfront Plaza Jadi Salah Satu Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Miami

“Infrastruktur fasilitas stasiun metro baru ini akan memiliki dampak positif yang signifikan pada nilai properti di masa depan,” kata Iwan lagi.

Kawasan Waterloo yang dikembangkan oleh Crown Group dihuni oleh 10.657 jiwa dan didominasi oleh penduduk usia produktif dengan rentang usia 20-49 tahun.

Baca juga: Dua Negara Bagian Berlomba Bangun Stadion Baru Bagi Oakland Raiders

Pertumbuhan kawasan Waterloo memang pesat. Jangan heran kalau pertumbuhan harga apartemen di wilayah ini dengan satu dan dua kamar mencapai 40 persen selama lima tahun terakhir.

Sedangkan pertumbuhan harga sewa mingguan untuk apartemen satu dan dua kamar selama lima tahun terakhir masing-masing adalah 18 persen dan 14 persen.

Baca juga: Kota Brasilia Jadi Karya Monumental Arsitek Legendaris Oscar Niemeyer

Kebetulan juga, kawasan Waterloo juga dikelilingi oleh tiga perguruan tinggi bergengsi di Australia yaitu University of Sydney, University of New South Wales dan University of Technology Sydney.

Kalau transportasi massal semakin dikembangkan di Sydney dan sekitarnya, pertumbuhan properti di kota ini diyakini akan semakin pesat.

Baca juga: Gara-gara Hantu, Presiden Brasil Kabur dari Istana!

Crown Group sendiri merupakan perusahaan properti asal Australia yang didirikan oleh seorang arsitek bernama Iwan Sunito dan seorang insinyur, Paul Sathio pada tahun 1996.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me