Mau Tahu Cara Selamat dari Lift yang Terjun Bebas? Ini Dia Caranya!

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Sebuah lift yang berada di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan terjun bebas dari lantai tiga hingga ke lantai basement pada Jumat (17/3).

Laman Republika.com melansir kalau tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun 24 orang mengalami luka-luka, enam di antaranya mengalami patah tulang kaki.

Baca juga: Warna Cat Ruangan Bisa Pengaruhi Perasaan Kamu Lho (Bagian 3)

Sementara sisa korban lainnya mengalami luka ringan seperti luka pada persendian otot, siku, atau juga lutut.

Sebenarnya, bagaimana sih cara menyelamatkan diri ketika lift terjun bebas? New York Times pernah melansir jawaban yang diberikan oleh Eliot H. Frank.

Baca juga: Warna Cat Ruangan Bisa Pengaruhi Perasaan Kamu Lho (Bagian 2)

Frank adalah seorang insinyur riset pada Center for Biomedical Engineering di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

“Cara terbaik adalah berbaring dengan punggung di lantai dengan posisi paling rata,” ujar Frank. “Hal ini akan mendistribusikan kekuatan dari dampak benturan terhadap area paling luas dari tubuh, jadi tidak ada bagian khusus dari tubuh yang menjadi sasaran berat tumpuan udari bagian badan lainnya.”

Baca juga: Warna Cat Ruangan Bisa Pengaruhi Perasaan Kamu Lho (Bagian 1)

“Dampak dari jatuhnya lift pada bagian bawah akan mengakibatkan kamu ikut terbawa dalam kecepatan turun gravitasi yang ekstrem alias G-Force,” lanjut Frank.

“Besaran dari G-Force yang dialami akan dilipatgandakan dengan berat tubuh normal. Jadi kalau kamu mengalami tekanan 10 G, maka kamu akan mengalami tekanan 10 kali lipat dari berat tubuh,” kata Frank.

Baca juga: Waduh, Pilih Pagar dengan Material Kayu Atau Bata Ekspos Ya? (Bagian 2)

“Mungkin kamu berpikir menggerakan tubuh atau kaki akan membantu, tetapi karena tekanan G-Force, kaki kamu tidak akan bisa menopang berat badan. Bahkan berat dari kepala juga terlalu berat untuk ditopang oleh leher.”

Namun, cara yang diajarkan Frank memang sulit. Bayangkan kalau kamu sedang seorang diri lantas tiba-tiba lift terjun bebas, tentu tidak mudah untuk langsung berbaring. Biasanya orang akan panik dalam kondisi seperti ini.

Baca juga: Waduh, Pilih Pagar dengan Material Kayu Atau Bata Ekspos Ya? (Bagian 1)

Atau lift terjun bebas ketika penuh orang, bagaimana mau berbaring sementara semua orang panik. Tetapi, setidaknya kamu mengetahui cara menyelamatkan diri ketika lift terjun bebas.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me