Hunian Bongkar-Pasang bagi Korban Bencana Ini Tahan 5 Tahun

Big Banner
Ilustrasi Foto: Rumah123/iStock

iGLOOS, hunian bagi korban bencana alam merupakan karya para mahasiswa Prasetiya Mulya. Hunian sementara ini bisa dibongkar pasang. Selain itu, konstruksinya juga kokoh, membuat penghuninya merasa aman dan nyaman.

Hunian ini menggunakan bahan berkualitas dan memiliki daya tahan hingga 5 tahun ke depan. Demikian menurut dosen Universitas Prasetiya Mulya sekaligus team-leader iGLOSS, Nico Fernando, seperti dikutip dari Harian Kompas. 

Baca juga: Antisipasi Rumah Tahan Gempa

Tentang fondasi dinding, iGLOSS menggunakan fiber reinforced honeycomb, dikombinasikan dengan rangka besi sebagai struktur dasar. Penggunaan material tersebut fungsinya agar unit tidak mudah bergeser karena tekanan angin.

Dari segi desain, iGLOSS terdapat dua sudut lengkungan dan dua sudut lancip. Fungsinya agar hunian ini tidak terpengaruh adanya angin yang melintas, sehingga tidak goyah.

iGLOSS karya anak Indonesia ini desainnya khusus untuk iklim tropis. Namun, bagi negara yang memiliki 4 musim, bisa ditambahkan insulasi berukuran tebal. Gunanya untuk menahan suhu ekstrem, semisal di Finlandia.

Baca juga: Gedung Kantor Paling Banyak Gunakan Gipsum, Alasannya Apa Ya?

Per unit iGLOSS terdiri atas 20 panel, termasuk panel listrik dengan tenaga surya. Tiap panelnya bisa diangkat sebanyak 2 orang. Butuh waktu 4 jam dengan tenaga 4 orang untuk merakit hunian tersebut.

Sementara membongkarnya tidak butuh waktu lama, hanya 1 jam. Rencananya, iGLOSS akan disumbangkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me