Terrakon Property Bangun Royal Resort Residences di Palembang

Big Banner

Bermodal tanah 4 hektar dengan potensi pengembangan 20 hektar-yang jaraknya hanya 500m dari Stasiun LRT Jakabaring (depan OPI Mall), Terrakon Property, pengembang berpengalaman hampir 10 tahun ini kini tengah mengembangkan kawasan perumahan bernama Royal Resort Residences. Ini adalah proyek pertama mereka di Palembang dan proyek ke-10 mereka. Sebelumnya, Terrakon Property membangun Puri Gading Depok Residences, Puri Gading Residences 2 dan Cascadia Residences di Depok, Jawa Barat. Sisanya, proyek mereka tersebar di wilayah Bekasi, Depok dan Bintaro.

“Meski tahun lalu properti masih slowdown, tapi kami melihat bahwa Palembang memiliki potensi yang bagus terutama di hulu. Terlebih LRT ini diperkirakan selesai di akhir 2017 dan mulai beroperasi di awal 2018. Lokasi kami juga dekat dengan akses Tol Palindra (Palembang-Inderalaya) yang kini sedang dibangun,” kata Nata Susanto, Marketing Director Royal Resort Residences.

Lebih lanjut Nata mengatakan, beberapa tahun belakangan ini, Kota Palembang berkembang menjadi kota sport tourism. Hal ini ditandai dengan suksesnya sejumlah event olahraga bertaraf lokal maupun internasional seperti penyelanggaraan PON ke-16, Sea Games 2011, dan Islamic Solidarity Games 2014. Di 2018, Palembang turut dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Tak ketinggalan, Sirkuit MotoGP rencananya juga akan dibangun di kawasan Jakabaring Sport City guna menghelat balapan internasional tersebut.

Dampak kesuksesan itu, investasi Palembang pun semakin meningkat khususnya di daerah hulu. Di tahun 2016 sampai 2020, investasi yang masuk ke Palembang mencapai Rp64-Rp80 triliun rupiah dan 80% dari total investasi itu akan masuk ke kawasan hulu Palembang yakni area Jakabaring.

Transfromasi Palembang dari kota berkembang menjadi kota maju ini pun berdampak pada sektor properti. Pada Sea Games 2011 lalu, harga properti ikut terdongkrak. Saat ini, rata-rata harga tanah di Kota Palembang berkisar Rp1,6 juta per m2. Angka ini diperkirakan akan kembali naik mengingat adanya Light Rail Transit (LRT) yang sedang dibangun untuk mempermudah mobilitas selama perhelatan Asian Games 2018.

Berdasarkan blue print, akan ada jalur LRT sepanjang 23 Km nantinya akan menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin, Masjid Agung Palembang dan Jakabaring Sport City. Jaringan LRT ini akan melintasi sungai Musi dan Jembatan Ampera; menghubungkan13 stasiun serta 9 sub- stasiun dari airport ke hulu Palembang.

Tak hanya infrastruktur, pemerataan pembangunan pun mulai terlihat. Kawasan hulu pun semakin “seksi” dengan makin banyaknya pembangunan residensial dan komersil di kawasan ini mulai dari mal, rumah sakit, sekolah, jalan tol, tempat wisata, dan convention center. Faktor ini pula yang menyebabkan kota ‘mpek-mpek’ ini makin dilirik investor dalam 10 tahun terakhir.

Mengusung konsep resort

Menelan investasi Rp80 miliar, Royal Resort Residences mengusung hunian berkonsep resort. “Proyek masterpiece ini akan ditunjang fasilitas berkelas seperti kolam renang, mini club house, sport park, kiddy park, jogging track, area hijau, hingga keamanan 24 jam,” ujar Liawan Yusdianto, Business Development Director Royal Resort Residences.

Di Royal Resort Residences, nantinya akan dibangun sekitar 250 unit rumah yang terdiri dari 11 blok. Akan ada 4 tahap pembangunan. Tahap pertama sekitar 4 blok diprediksi selesai pada Desember 2017 sedangkan tahap kedua sebanyak 2 blok diprediksi rampung Juni 2018. Untuk tahap ketiga diperkirakan selesai pada Desember 2018 dan tahap keempat pada Juni 2019.

Di tahap 1 & 2, Royal Resort Residences menawarkan 2 tipe hunian yakni tipe Luxor (LB/LT:38/84) seharga Rp415 juta dan tipe Wynn (LB/LT:48/98) seharga Rp499 juta. Untuk tahap 3 & 4, pengembang rencanannya akan membangun rumah tipe townhouse (2 lantai) dengan tipe 88 & tipe 108.

Kenaikan capital gain di Royal Resort Residences ini terbilang cukup baik. Dari harga unit Rp350 juta di penjualan tahap pertama, kini harga untuk tipe yang sama sudah mencapai Rp415 juta. “kenaikan gain sudah mencapai sekitar 15%. Kami memprediksi ketika semua infrastruktur rampung, kenaikan gain dapat mencapai 100%,” ungkap Nata.

Untuk menggenjot penjualan, pada 21 Maret 2017 nanti, Terrakon Property akan mengikuti REI EXPO di Palembang Square Mall. “Target kami dapat menjual 40 unit di REI EXPO Palembang,” tuntas Nata. YS

Royal Resort 1

mpi-update.com