H-10 Lebaran Tahun Ini, Jalan Raya Jalur Selatan Jateng Siap Dilalui

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Beberapa jalan raya di jalur selatan Jawa Tengah (Jateng) sedang diperbaiki. Sebut saja ruas Wangon-batas Jabar, antara lain penanganan jalan yang amblas di Km 55 atau Desa Kedunggede, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas.Juga sedang dilaksanakan pelebaran jalan di depan Pasar Desa Cileumeuh, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, dan Majenang, Cilacap. Selain itu, penambalan di sejumlah ruas jalan, khususnya Karangpucung-batas Jabar.

Baca juga: Yang Mau Melintas di Jalur Pantura, Tunggu Perbaikan-Perbaikan Ini Ya!

Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksana Jalan Nasional Ajibarang-Wangon-Batas Jabar, Djoko Satrio, mengatakan, sebelum H-10 Lebaran tahun ini, kondisi jalan tersebut sudah aman dilalui para pemudik.”Target kami, sebelum H-10 Lebaran, kondisi jalan sudah aman dilalui pemudik,” katanya di Purwokerto, Jateng, Rabu (22/3), seperti dikutip dari antaranews.com.

Baca juga: Ini Jalan Alternatif Pantura yang Digeber Pembangunannya Soal jalan yang amblas di Km 55, dia mengatakan pada akhir bulan Maret pemasangan batu sudah naik atau mendekati permukaan jalan, sehingga tinggal dilakukan penimbunan. “Kami upayakan pertengahan April sudah mulai tertutup,” katanya.Pihaknya juga menangani beberapa titik yang berpotensi longsor atau amblas di ruas Wangon-Karangpucung.

Baca juga: Kurangi Kemacetan Jalur Mudik, Tol Solo-Ngawi pun Beroperasi Lebaran Ini

Sementara untuk pelebaran jalan di Majenang, menurutnya, dilakukan mulai dari Jembatan Cijalu I ke arah Timur hingga Jalan Diponegoro yang menggunakan konstruksi beton. Ruas jalan yang semula memiliki lebar 6 meter itu akan dilebarkan menjadi 8,4 meter.Dia memperkirakan hingga H-10 Lebaran, pengaspalan pada ruas jalan yang dilebarkan belum menyeluruh. “Belum sampai lapis pertama. Artinya, bagian yang dilebarkan sudah diaspal sedangkan yang di tengah atau jalan existing belum dilapis ulang,” katanya.

Baca juga: Jalan Tol Batang-Semarang Bisa Dilalui Mudik Tahun Ini, Tapi… Khusus penanganan terhadap jalan berlubang, Djoko mengatakan hal itu terus dilakukan dengan cara penambalan. Bahkan, kata dia, jalan berlubang di jalur selatan Jateng ruas Wangon-batas Jabar hingga saat ini sudah terkendali karena ditangani secara permanen.”Mungkin masih ada satu-dua lubang, tapi tidak membahayakan pengguna jalan,” katanya.

Baca juga: Jalan Tol Seribu Kilometer Ini Rampung pada 2018Selain di Cileumeuh dan Majenang, kata dia, pelebaran jalan juga dilakukan di ruas Ajibarang-Wangon yang merupakan bagian dari jalan penghubung jalur pantai utara dengan jalur selatan Jateng.Menurut dia, pelebaran jalan di ruas Ajibarang-Wangon hanya sepanjang 3,4 kilometer dan akan selesai pada 2017.

Baca juga: Maret 2017, dari Jakasampurna ke Universitas Borobudur Bisa Lewat Jalan Tol Ini! Terkait rencana pelebaran jalan Cileumeuh-Majenang di ruas Karangpucung-batas Jabar, Djoko mengatakan penanganan terhadap ruas jalan sepanjang 9 kilometer dengan lebar 6 meter itu sementara baru sebatas perbaikan agar aman dilewati kendaraan.”Nanti pada 2018 akan sedikit dilebarkan, tapi kami mengejar kondisi jalannya dulu supaya bebas dari lubang agar aman dilewati. Kami akan lebarkan sepanjang 1 kilometer, selebihnya direkonstruksi semua,” katanya.

Baca juga: 2018, Sudah Bisa Bablas Tol Trans Jawa Nih! Menurutnya, perbaikan jalan nasional ruas Wangon-batas Jabar paling banyak dilakukan di wilayah Kabupaten Cilacap. Sementara di wilayah Kabupaten Banyumas hanya penanganan jalan amblas.”Ruas Wangon-batas Cilacap atau Karangpucung sudah halus dan lebar. Kami hanya menangani jalan yang amblss saja,” katanya.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me