Proyek Kolaborasi Jababeka-Plaza Indonesia Rampung 2019

Big Banner

Bekasi, KompasProperti – Proyek jumbo antara PT Grahabuana Cikarang (GBC), anak usaha PT Jababeka Tbk dengan PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PILN) di Jababeka City, Cikarang, Jawa Barat ditargetkan rampung pada 2019 nanti.

Hal tersebut berbeda dengan apa yang pernah disampaikan oleh PILN bahwa proyek bernama Mayfair Estate & Parklands akan selesai pada September 2018 mendatang.

Pasalnya, sampai saat ini belum ada konstruksi masif yang dilakukan PT GBC untuk proyek tersebut.

“Saat ini lagi persiapan pembangunan dan finalisasi kontraktor karena beberapa waktu lalu sudah selesai pancang,” tutur Presiden Direktur PT GBC Suteja Sidarta Darmono, di Jababeka Golf, Kamis (23/3/2017).

Lebih lanjut Suteja menjelaskan, konstruksi yang dimulai pada tahun ini akan meliputi pengerjaan mal, hotel, dan kondominium.

Mayfair Estates & Parklands dirancang seluas total 12 hektar. Merangkum pusat belanja, dua hotel berklasifikasi bintang lima, kapel pernikahan, ruang konvensi, apartemen servis, 9 menara apartemen strata, dan gedung perkantoran.

Pembangunan Mayfair Estates & Parklands sendiri terdiri atas empat tahap. Untuk tahap pertama dari pembangunan hotel berbintang 5 bertaraf international, apartemen servis, pusat belanja, apartemen strata, dan pusat konvensi dengan total keseluruhan area 171.000 meter persegi, termasuk 4 lantai ruang bawah tanah.

Pusat belanjanya direncanakan terdiri atas 4 lantai dengan luas bangunan sewa 55.685 meter persegi.

Di dalamnya terdapat jaringan department store internasional, supermarket, bioskop, pusat kebugaran, toko pakaian, pusat elektronik, restoran, kafe, bar, dan tempat makan berkonsep Alfresco.

Nilai investasi yang digelontorkan kedua belah pihak untuk pengembangan tahap pertama diperkirakan mencapai Rp 1,8 triliun.

PILN saat ini telah menandatangani letter of intent dengan salah satu operator hotel bertaraf internasional untuk mengelola hotel dan apartemen servis berbintang 5 dengan total luas bangunan 28.520 meter persegi.

Untuk apartemen strata, pembangunan menara pertama terdiri dari 26 lantai dan memiliki total area seluas 28.600 meter persegi.

Untuk tahap kedua dan ketiga, akan dibangun perluasan pusat belanja dengan area sewa 104.030 meter persegi dan apartemen strata 7 menara yang terdiri dari 26 lantai dengan total area seluas 224.506 meter persegi.

Sedangkan gedung perkantoran direncanakan terdiri atas 2 lantai seluas 56.700 meter persegi akan dibangun pada tahap keempat.

Pada tahap ini juga akan dibangun perluasan dari pusat belanja, apartemen strata menara ke-9, hotel, apartemen servis, dan ruang multifungsi berdimensi 91.959 meter persegi.

Mayfair Estate & Parklands merupakan hasil kolaborasi strategis antara PILN dengan porsi kepemilikan 70 persen, dan PT Grahabuana Cikarang dengan porsi 30 persen.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me