Percepat Sertifikasi Tanah, BPN Sulawesi Utara Buka Rekruitmen SDM

Big Banner

MANADO, KompasProperti – Kantor wilayah Badan Pertanahan Negara (BPN) Sulawesi Utara merekrut sumber daya manusia (SDM) berkualitas dalam upaya mempercepat pengurusan sertifikat tanah, dan pelayanan lainnya.

Kepala Bidang Survei Pengukuran dan Pemetaan BPN Kanwil Sulawesi Utara Deany Keintjem mengatakan perekrutan SDM berkualitas ini dilakukan melalui seleksi secara terbuka.

“Nantinya yang lolos akan diberikan pelatihan dan pembinaan. BPN juga saat ini juga tengah melakukan perekrutan untuk tenaga survei berlisensi,” tutur Deany seperti dikutip Antara, di Manado, Jumat (24/3/2017).

Menurut dia, persoalan tanah yang belum bersertifikat sebenarnya bisa cepat diselesaikan, bila partisipasi masyarakat dan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara saling bersinergi.

Apalagi, saat ini proses pengurusan, dan persyaratannya kian dipermudah.

“Khusus Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) na yang menjadi bagian program kami itu pengurusannya gratis. Namun gratis di sini ada ketentuannya,” sebut Deany.

Karena itu, dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan program pemerintah tersebut, sehingga semakin sedikit bidang tanah yang tidak bersertifikat di wilayah Sulawesi Utara.

Sebagai informasi, dalam kurun waktu 57 tahun terakhir (1960-2014), dari jumlah lahan sebanyak 1.824.202 bidang, yang terdaftar dan bersertifikat baru mencapai 423.827 bidang atau hanya 23,3 persen.

Sedangkan bila dilihat dari luas tanah 1.207.069 hektar, yang bersertifikat belum mencapai setengahnya, yakni hanya seluas 589.993 ha atau baru 48,8 persen.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me