Awal 2019, Kaltara-Kalbar Bisa Lewat Jalur Darat Loh

Big Banner
Perbatasan jalan menuju lintas batas di Kalimantan sedang dalam proses pengerjaan. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Jalan perbatasan di Kalimantan sepanjang 1.900 Km mulai dari Mensalong, Kalimantan Utara hingga Temajuk, Kalimantan Barat ditargetkan bakal tembus awal 2019.

Tidak hanya jalan paralel, jalan akses menuju tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalbar yakni Aruk, Entikong dan Badau juga digarap pengerjaannya.

Baca juga: Pembangunan 5 Jalan Tol Ini akan Memperlancar Isi Kantong Kita?

Menuju PLBN Aruk, penyambungan konektivitasnya akan dimulai dari Jalan Galing-Simpang Tanjung-Aruk sepanjang 46,42 Km. Saat inim progresnya sudah mencapai 72 persen. Pada Juni 2017, jalur tersebut akan tersambung.

Sedangkan  padaNovember 2018, akses menuju PLBN Entikong bakal terkoneksi melalui jalur Kecamatan Kembayan-Balai Karangan-Entikong hingga batas Serawak sepanjang 42 Km.

Baca juga: Tol Kunciran-Serpong Bikin Tangerang Semakin Jadi Kota yang Maju

Sementara akses jalur menuju PLBN Badau dari pusat kegiatan ekonomi terdekat yakni Kecamatan Putusibau juga dilakukan penanganan pelebaran jalan menjadi 4 lajur.

Akses pengerjaannya dimulai dari Lanjak menuju Nanga (Simpang) Badau sepanjang 27,55 Km dengan nilai anggaran Rp284 miliar. Proyek jalan ini direncanakan tuntas pada November 2018. (ed: dod)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me