Wuih, Seperti Apa Sih Perubahan Arsitektur Kota Rotterdam?

Big Banner
Kantor Studio Roosegaarde (Rumah123/Dezeen)

Studio Roosegaarde memamerkan kantor barunya di Rotterdam, Belanda. Kantor ini memiliki nama Dream Factory dan dianggap sebagai laboratorium impian abad ke-21.

Studio Roosegaarde merupakan perpaduan dari biro arsitek, desainer produk, fashion, dan lainnya terkait seni serta teknologi.

Baca juga: Gaji Arsitek dan Insinyur di Seluruh Dunia Alami Kesenjangan Cukup Tinggi

Studio ini didirikan oleh pekerja kreatif Daan Roosegaarde pada 2006 lalu. Studio ini juga memiliki kantor di Shanghai, Tiongkok.

Dream Factory ini memiliki atrium besar bagi para desainer dan arsitek untuk membuat prototipe proyek. Atrium ini cukup luas untuk mengembangkan proyek besar.

Baca juga: Pendidikan Lebih Tinggi Tapi Gaji Lebih Rendah, Gini Ya Nasib Arsitek Cewek?

Sedangkan untuk ruang kerja para desainer, arsitek, dan insinyur berada di lantai atas. Pada lantai ini, juga ada perpustakaan, laboratorium, dan ruang pertemuan.

Semua ruang ini menjadi terkesan lebar dengan adanya partisi dari kaca. Kaca ini juga bisa berfungsi menjadi papan tulis saat pertemuan atau sesi brainstorming.

Baca juga: Wuih, Betapa Indahnya Desain Arsitektur Museum of Islamic Art

Perpustakaan juga diklaim sebagai “perpustakaan impian” karena memiliki koleksi buku antik dan kontemporer. Sedangkan laboratorium digunakan untuk mengembangbiakkan organisme dalam keadaan gelap.

Bangunan ini memiliki luas 1.000 meter persegi. Gedung ini baru saja diselamatkan dari ancaman penghancuran dan berhasil didesain dan direnovasi oleh Studio Roosegaarde.

Baca juga: Gara-gara Hantu, Presiden Brasil Kabur dari Istana!

Lokasi gedung ini tidak jauh di pelabuhan Rotterdam. Aslinya, gedung tua ini adalah pabrik kaca yang berdiri pada 1930 silam.

Ruang kerja yang berada di lantai atas memiliki pemandangan indah berupa pelabuhan Rotterdam dan juga sungai Nieuwe Maas.

Baca juga: Kota Brasilia Jadi Karya Monumental Arsitek Legendaris Oscar Niemeyer

Kantor baru Studio Roosegaarde merupakan bagian dari Innovation District di Rotterdam, kota yang sudah menjelma menjadi kota inovatif di Belanda dan Eropa.

Sejumlah bangunan berada di distrik ini. Studio Roosegaarde sendiri bertetangga dengan Atelier van Lieshout dan Richard Hutten.

Baca juga: Dua Negara Bagian Berlomba Bangun Stadion Baru Bagi Oakland Raiders

Atelier van Lieshout bergerak di bidang yang nyaris sama dengan Studio Roosegaarde yaitu di bidang desain produk, seni, dan arsitektur. Sedangkan Richard Hutten merupakan desainer pakaian.

Sejumlah bangunan seperti gudang di distrik ini telah berubah fungsi menjadi cafe, toko, dan juga kantor bisnis rintisan.

Baca juga: Wah, One Bayfront Plaza Jadi Salah Satu Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Miami

Sejumlah perubahan terjadi di kota Rotterdam. Memang sebagian besar bangunan hancur saat Perang Dunia II.

Namun, ada juga bangunan yang tidak ada lagi seperti Cube Houses yang didesain arsitek Piet Blom pada 1977 atau pusat perbelanjaaan karya arsitek Marcel Breuer pada 1957.

Baca juga: Wuih, Pembangunan Dubai Frame Sebentar Lagi Selesai Lho!

Sejumlah bangunan baru berdesain modern dan futuristik juga bermunculan seperti landmark market hall karya biro arsitek MVRDV atau hotel De Rotterdam karya biro arsitek OMA.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me