“Naruse House”, Rumah Tahan Cuaca dan Pembusukan

Big Banner

KOMPAS.com – Naruse House telah resmi dibangun menggunakan teknik tradisional Jepang yang diberi nama Yakisugi. Teknik tersebut melibatkan kayu cedar hangus untuk memberi kesan hitam pada rumah. Berkat teknik itu pula rumah ini tahan terhadap cuaca dan pembusukan.

Naruse House dibangun oleh Studio MDS Tokyo di tanah menurun sekitar pertigaan jalan di distrik kota Machida. Rumah ini dilengkapi eksterior kayu cedar hangus, atap baja galvanis, dan tampilan yang lebih mengintegrasikan rumah dengan daerah pinggiran kota.

“Kami merancang atap yang rendah laiknya rumah dengan satu lantai agar rumah ini bisa menyatu sempurna dengan lingkungan sekitar,” ujar tim arsitek.

Rumah tersebut telah dibangun ke pinggir lahan seluas 230 meter persegi untuk memaksimalkan ruang yang tersedia. Sudut kiri rumah digunakan untuk parkir mobil, sedangkan di belakangnya ada teras yang sebagiannya terlindungi pohon.

Sebuah fasad tanpa jendela di depan rumah dilengkapi dengan potongan rahasia di dinding. Cara ini dilakukan untuk menciptakan ruangan kecil yang terlindung oleh pintu depan.

Di dalam, ruangan pribadi telah disusun di sekitar rumah mengikuti bentuk tanah yang tidak beraturan. Hal itu termasuk dua kamar tidur, satu ruang belajar, satu kamar mandi, dan satu ruang di pintu masuk dimana pemilik rumah bisa menjual dan memperbaiki sepeda. Di antara ruang-ruang tersebut, rute sirkulasi melalui tengah rumah ke dapur terbuka, ruang makan, dan ruang tamu di belakang.

Lantai di dalam rumah dibuat menanjak dan menurun mengikuti kemiringan tanah. Hal tersebut berguna untuk membedakan ruang masuk, ruang tamu, ruang makan, dan dapur.

Adapun langit-langit di Naruse House itu juga menawarkan bermacam pengalaman spasial. Dengan interior yang mencapai 95 meter persegi dan mengikuti pola atap mampu menciptakan ruang lebih tinggi di pusat rumah dan membuat ruang lebih intim di sudut rumah.

Material di dalam rumah telah dipilih untuk bisa membuat spesial bagian luar. Dengan kayu cedar hitam menghiasi langit-langit dan lantai yang berbahan kayu oak berwarna gelap kontras dengan dinding putih dan kayu oak terang di pintu masuk dan kamar tidur kedua. Rumah ini menjadi makin terasa intim bagi penghuninya.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me