Milenial Masih Ingin Punya Hunian di Jakarta, Apa Kata Cagub dan Cawagub DKI?

Big Banner
Ilustrasi. Rumah123/iStock

Gemuruh pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta memang sudah selayaknya mengarah pada keunggulan program masing-masing kandidat. Memasuki putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, isu hunian layak dan terjangkau pun mencuat.

Sebuah program bernama #SolusiPropertiJakarta mencoba memfasilitasi kaum milenial Jakarta yang masih memendam keinginan memiliki hunian di Jakarta. Salah satunya Dedik Budianto (34 tahun) yang terpaksa masih tinggal bersama orangtua sang isteri.

Baca juga: Open Challenge Cagub Cawagub DKI Jakarta, Menjawab Kebutuhan Hunian Kaum Milenial

“Saya sih masih mau banget punya rumah di Jakarta,” katanya saat berbincang dengan Rumah123, Senin (27/3). “Tapi ya di hati kecil aja,” ujarnya diiringi senyum.

Dedik mengaku beberapa kali sudah mencari-cari hunian yang masih terjangkau dengan kantongnya sebagai karyawan IT di sebuah perusahaan swasta. Ayah satu anak ini menegaskan keinginan sang isteri yang sangat ingin memiliki rumah tapak.

“Maunya rumah yang ada tanahnya. Isteri saya tidak mau apartemen,” katanya lagi. “Apartemen kan ada masa waktunya bisa menempati kan?”

Baca juga: Beli Apartemen di FPI 2017, Pasangan Milenial Ini pun Menambah Huniannya

Dedik mungkin bukan satu-satunya kaum milenial Jakarta yang memiliki pertanyaan seperti itu. Ia pun mengaku tak mengerti perbedaan antara rusunawa dan rusunami.

Inilah salah satu tantangan yang sepertinya harus dijawab para Cagub dan Cawagub DKI Jakarta. Kaum milenial merupakan pemilih terbesar di Jakarta. Angkanya mencapai 54 persen dari seluruh pemilih yang ada.

Ketika para pasangan calon, baik Ahok-Djarot atau Anies-Sandi) hanya berkutat pada kebutuhan hunian Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), milenial pun menjadi terseingkirkan. Bagaimana tidak, mereka yang berusia antara 25-37 ini memiliki penghasilan di atas MBR, namun tidak juga cukup tinggi layaknya kelas atas.

Baca juga: Perbankan Tidak Ketinggalan Melirik Generasi Milenial, Saatnya Kamu Punya Rumah!

Mengajukan aplikasi kredit perumahan MBR, jelas mereka tak memenuhi kualifikasi. Sementara kredit dengan suku bunga umum, juga tentunya masih memberatkan mereka. Adakah jawaban yang akan diberikan para kadidat penguasa Jakarta periode 2017-2022 ini?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me