Rumah Terbuka Anies Baswedan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang saat ini tengah berkompetisi untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki rumah asri dan nyaman di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Anies tidak membeli rumah jadi dari pengembang melainkan membangun sendiri di atas  sebidang tanah cukup luas 1.400 m2. Rumah dibangun sendiri  dibantu arsitek Adi Purnomo (Mamo).

Rumah Anies Baswedan

Menurut sang istri, Fery Farhati Ganis, cerita membangun rumah yang saat ini ditempati bersama 4 orang anaknya cukup panjang dan menarik. “Intinya kami tidak ingin gara-gara ada kami lingkungan di sini jadi terganggu, makanya kami ingin rumah ini tetap terbuka dan tetap menjadi bagian dari lingkungan di sini. Pembangunannya sendiri dimulai sejak tahun 1992, jadi cukup panjang prosesnya,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (25/3).

Proses panjang tersebut, jelas Fery, termasuk saat mendesain karena Mamo, sang arsitek, melakukannya sangat detil sehingga dari proses wawancara anggota keluarga saja dilakukan cukup intens. Ini untuk mendapatkan sebuah rumah yang mencirikan karakteristik penghuninya dan bukan sebaliknya, penghuni yang mengikuti rumahnya.

Rumah Anies Baswedan di Lebak Bulus (2)

Rumah Anies Baswedan di Lebak Bulus, Sumber : detik.com

Konsep terbuka juga diterapkan pada hampir seluruh pembagian ruang-ruang utama rumah yang tanpa sekat masif. Pembagian ruang umunya dengan undakan, partisi tipis, maupun penggunaan beberapa perabot. Hal ini untuk membuat rumah lebih mudah untuk menampung orang sebanyak mungkin.

“Karakter Mas Anies memang orangnya terbuka dan itu jadi seperti tercermin dan juga menjadi karakter dari rumah ini. Kami ingin nyaman tinggal di rumah dan lingkungan juga nyaman dengan keberadaan kami,” pungkasnya.

Rumah Anies Baswedan di Lebak Bulus (1)

Rumah Anies Baswedan di Lebak Bulus, Sumber : detik.com

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me