Genteng, Utamakan Fungsi, Bukan Model

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bangunan rumah memiliki 3 bagian utama mulai dari lantai, dinding, dan atap. Umumnya, kita lebih mementingkan model  agar terlihat bagus sehingga kerap menomorduakan fungsi. Terkait hal ini bagian atap rumah mutlak lebih dipentingkan menggunakan material yang tepat ketimbang memperlihatkan gaya desain tertentu.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Atap itu bagian yang paling penting dari sebuah rumah, kalau menggunakan bahan yang sembarangan ketahanannya menjadi tidak lama dan membuatnya mudah rembes atau bocor. Kalau sudah seperti ini perbaikannya lebih sulit dan mahal selain genteng yang bocor akan merusak juga isi perabotan dan interior rumah secara keseluruhan,” ujar John L. Chang, Direktur PT Satya Djaya Trading, produsen Genteng Keramik Kanmuri kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (23/3).

Saat ini  kebanyakan perumahan yang dikembangkan developer menggunakan genteng beton yang bisa dengan cepat mengubah bentuk desain gentengnya. Genteng beton juga mudah dibuat flat untuk menunjang desain rumah modern minimalis yang saat ini masih digandrungi. Hal ini karena genteng beton proses produksinya dicetak tanpa melalui pembakaran seperti genteng keramik sehingga bisa lebih cepat.

Di sisi lain, genteng keramik tidak bisa dengan cepat mengubah bentuk model karena harus berinvestasi pada mesin produksi. Hal inilah yang membuat genteng keramik bentuknya begitu-begitu saja dari tahun ke tahun. Namun genteng keramik telah melalui pembakaran dengan suhu di atas 1.000 derajat celcius sehingga kandungan airnya relatif nol dan ini membuatnya lebih tahan terhadap cuaca.

Perbedaan lain antara genteng keramik yang dibakar dengan genteng beton yang dicetak, genteng beton warnanya akan lebih mudah pudar. Bahkan untuk jangka panjang, kekuatan tekan genteng beton akan menurun drastis  karena materialnya akan menjadi rapuh sehingga berbahaya untuk diinjak. Ini juga yang membuat rumah dengan genteng beton kerap ada rembesan dari rongga genteng yang mulai terbuka.

“Tapi seiring perkembangan teknologi kami juga sudah bisa membuat genteng keramik flat yang minimalis sehingga menambah koleksi Kanmuri dari Espanica, Milenio, dan sekarang Full Flat. Bukan hanya itu, kami juga menyediakan berbagai tambahan maupun aksesori genteng dengan sangat lengkap mulai nok, jurai, hingga talang jadi yang kami berikan itu solusi atap untuk membuat bangunan rumah tahan puluhan tahun,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me