Tanpa Bantuan Pemerintah, Baru 40 Persen Masyarakat Bisa Punya Rumah

Big Banner
Ilustrasi. Rumah123/iStock

Di Indonesia, baru 40 persen masyarakatnya memiliki rumah sendiri tanpa sokongan dana dari pemerintah. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Senin (27/3).

“Daya beli masyarakat, hanya 40 persen yang top bisa membeli tanpa pemerintah membantu,” ujarnya dilansir dari detikFinance.

Baca juga: Dana FLPP Lebih Banyak Diserap Karyawan Berpenghasilan Segini Loh!

Sri menyebutkan sebanyak 40 persen mampu memiliki rumah dengan bantuan stimulus pemerintah dalam bentuk subsidi berupa uang muka dan subsidi bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Lalu, 20 persen sisanya masuk kategori tidak mampu memiliki rumah. “Sebesar 20 persen paling bawah sama sekali tidak mampu sehingga mereka akan tinggal di slum area (daerah kumuh),” katanya.

Untuk mengurangi angka ketidakmampuan membeli rumah, pemerintah mencanangkan program Satu Juta Rumah.

Baca juga: Ini Syarat Ajukan KPR BTN Mikro, Siaaap?

Program ini mulai dari penyederhanaan perizinan agar pengembang dapat membangun rumah dengan harga terjangkau dan juga program Fasilitas Likuiditas Pemilikan Rumah (FLPP) terdiri atas biaya uang muka yang murah, bunga KPR rendah, dan tenor cicilan KPR diberi masa panjang.

Selain itu, bantuan subsidi rumah swadaya diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki rumah atau tanah, namun, terkendala anggaran untuk melakukan renovasi atau pembangunan. (ed: dod)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me