1 April, Jembatan Cisomang Dibuka Untuk Seluruh Kendaraan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Jembatan Cisomang, Purwakarta, Jawa Barat, di  Km 100+700  ruas tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) selesai diperbaiki. Jembatan sepanjang 243 m ini pada akhir tahun lalu dibatasi hanya bisa digunakan untuk kendaraan golongan kecil menyusul retaknya pilar-pilar pondasi akibat goyangnya struktur geologi tanah dan pembebanan di atas kapasitas jembatan.

Jembatan Cisomang

Jembatan Cisomang

Perbaikan permanen pada pilar yang retak dilakukan dengan grouting dan dibungkus dengan jaket berbahan carbon reinforce polymer (CRP). Sementara bagian pondasi yang bergerak ditambah angkur di dasar jembatan dan 61 titik bor pile dengan kedalaman pondasi 50 m.

“Total biaya perbaikannya Rp135 miliar dan sekarang jembatan ini sudah stabil, tidak ada lagi pergerakan dan ini terus dipantau 24 jam dengan alat robotic. Tanggal 1 April besok jam 00.00, jembatan ini akan dibuka untuk seluruh jenis kendaraan,” ujar Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) saat meninjau Jembatan Cisomang, awal pekan ini.

Dibukanya kembali Jembatan Cisomang, lanjut Basuki, dijadikan momentum untuk semua pihak mematuhi aturan penggunaan jalan khususnya di bagian-bagian jembatan dengan bentang panjang seperti di Cisomang ini. Kendaraan yang masuk akan diatur dengan beban maksimal 45 ton dan akan disediakan timbangan portabel maupun alat pengukur kecepatan.

Kendaraan dengan bobot di atas 45 ton atau berjalan kurang dari kecepatan 40 km/jam yang menandakan membawa beban berat, maka akan dikeluarkan di  exit tol Jatiluhur untuk menggunakan akses jalan nasional (non tol). Belajar dari kasus ini pengguna jalan harus ikut berpartisipasi dengan menaati ketentuan sehingga semuanya bisa mendapatkan akses jalan yang murah, aman, dan cepat.

“Infrastruktur transportasi itu  lebih dari 90 persen masih mengandalkan jalan darat yang lebih murah. Jembatan Cisomang ini kita jadikan momentum untuk mulai menertibkan dan mendisiplinkan para pengguna karena selama ini jalan kita cepat rusak karena pembebanannya mencapai 4 kali lipat dari kapasitasnya,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me