Akhir 2018, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Bakal Rampung

Big Banner

Beberapa ruas tol menuju Semarang akan beroperasi jelang Lebaran tahun ini. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang dikelola PT Transmarga Jatim Pasuruan, merupakan perusahaan patungan antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk (98,81 persen saham) dan PT Jatim Prasarana Utama (1,91 persen saham).Mulai dibangun pada 2012, Jalan Tol Gempol–Pasuruan memiliki nilai investasi total sebesar Rp4,031 triliun dengan masa konsesi selama 45 tahun. Sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan tol ini dibagi menjadi tiga seksi. Seksi I Gempol-Rembang (13,90 km), Seksi II Rembang-Pasuruan (6,6 km), dan Seksi III Pasuruan-Grati (13,65 km).

Baca juga: Alternatif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran Tahun Ini Direktur Utama PT Trans Marga Jatim Pasuruan, Agus Poernomo, mengatakan, jalan tol tersebut rencananya akan menggunakan Sistem Operasi Terbuka, namun setelah tersambung dengan seksi Gempol–Bangil, akan dioperasikan dengan Sistem Tertutup.Agus berharap jalan tol tersebut akan mempersingkat waktu tempuh masyarakat dan dapat membantu menghindari kemacetan yang biasanya terjadi pada jalan nasional Surabaya-Pasuruan.

Baca juga: Pembangunan 5 Jalan Tol Ini akan Memperlancar Isi Kantong Kita?

Sedangkan anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kuncahyo Pambudi menilai pengoperasian Tol Bangil-Rembang diharapkan jadi pendorong bagi seksi lain di Gempol-Pasuruan untuk bisa cepat diselesaikan tahun ini.

Jalan tol segmen Bangil-Rembang merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang menghubungkan Kota Bangil sampai Rembang (Kabupaten Pasuruan).

Baca juga: Ini Dia Jalan Tol yang Bakal Beroperasi di 2017, Catat Ya! “Kami berharap ini jadi pendorong bagi ruas lain di Gempol-Pasuruan, sehingga niat tiga kali peresmian di ruas ini tahun ini dapat terwujud,” kata Kuncahyo seperti dilansir antaranews.com, Jumat (31/3).Menurutnya, ruas Gempol-Pasuruan juga merupakan bagian dari proyek strategis nasional Trans-Jawa sesuai Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Baca juga: Jalan Tol Mana Aja Sih yang Sudah Rampung dan yang Masih Dikerjakan? Agus mengatakan, bagian dari seksi satu, Gempol-Bangil masih menyisakan dua bidang lahan yang belum bebas dan diharapkan segara tuntas dalam waktu dekat. Secara keseluruhan Gempol-Pasuruan ditargetkan selesai pada akhir 2018.”Untuk seksi dua, konstruksi baru tiga persen dan diharapkan akhir September selesai. Sedangkan seksi tiga, lahannya yang belum bebas tersisa 67 persen,” kata Agus lagi.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me