Alternatif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran Tahun Ini

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Tiga ruas jalan Tol Trans Sumatera pada Juni tahun ini akan beroperasional, yakni Medan-Binjai, Seksi 2: Helvetia-Semayang, Seksi 3: Semayang-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Seksi 1-Palembang-Pamulutan dan Bakauheni-Terbanggi Besar.

Para pemudik yang mengguakan jalan darat Lebaran ini bisa melintasi Trans Sumatera. Sang pembangun, PT Hutama Karya, menargetkan 2019 mendatang seluruh ruas Tol Trans Sumatera sepanjang 625,83 kilometer bisa dilintasi.

Baca juga: Akhir Tahun Ini, Tol Gempol-Pasuruan Beroperasi Sepanjang 21 Kilometer

Selain di Sumatera, di Jawa pun beberapa ruas tol bakal bisa dilintasi pada mudik kali ini. Sebut saja, Batang-Semarang, Pemalang-Batang, dan Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4.

Jalan Tol Batang-Semarang merupakan ruas Trans Jawa yang ditargetkan beroperasi Desember 2018. Meski baru benar-benar selesai tahun depan, namun untuk mudik tahun ini sudah dapat difungsionalkan. Apalagi jalannya sudah dilapisi beton.

Baca juga: Ini Dia Jalan Tol yang Bakal Beroperasi di 2017, Catat Ya!

“Untuk keseluruhan Tol Trans Jawa, Semarang-Solo akan diresmikan. Sementara tanah di Salatiga-Solo juga sudah 90 persen tertangani. Tol Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono dan Mojokerto-Surabaya juga demikian,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu.

Selain ruas Batang-Semarang, Pemalang-Batang dan Pejagan- Pemalang Seksi 3 dan 4 akan difungsionalkan pada mudik 2017.

“Mudik tahun ini bisa tembus tidak hanya sampai di Pemalang, tapi juga sampai ke Ngaliyan, walaupun belum fungsional namun sudah dilapisi beton,” katanya.

Baca juga: 2019, Delapan Jalan Tol Sumatera Ditargetkan Beroperasi Penuh

Kepolisian, lanjutnya, akan merekayasa lalu-lintas sebelum mudik lebaran tahun ini.

“Rekayasa lalu lintas akan lebih banyak pilihan. Selain Brexit (Brebes Timur). Kami juga bangun empat fly-over yang ke arah Prupuk yaitu di simpang sebidang Klonengan, Dermoleng, Kretek dan Kesambi. Ini sudah mulai bekerja,” kata Basuki lagi. (Wit)

 

rumah123.com