Integrasikan Jalan Tol, Beberapa Gardu Bayar Dihilangkan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Sejumlah ruas jalan tol diintegrasikan dengan menghilangkan beberapa gardu pembayaran. Ini untuk memperlancar arus lalu lintas di jalan tol dengan menerapkan sistem off ramp pay, bayar saat keluar, dan on ramp pay, bayar saat masuk.

Gerbang Tol Paliman

Gerbang Tol Paliman

“Yang akan kita integrasikan jalan tol Cikopo-Palimanan, Cipularang-Purbaleunyi, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan-Brebes Timur, Jakarta-Tangerang, Tangerang-Merak, dan Jagorawi,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (31/3).
Untuk ruas Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak akan dihilangkan gerbang tol Karang Tengah pada 9 April 2017. Jalan tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) pada 23 Mei 2017 seluruhnya akan dibuka sehingga pengguna jalan tol cukup membayar sekali. Sementara ruas tol Kamal-Muara mulai 1 April 2017 gerbangnya akan dilebarkan sehingga arus lalu lintasnya bisa lebih lancar.
Integrasi sistem pembayaran ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal dilakukan di ruas tol dalam kota karena merupakan jalur paling padat. Nantinya seluruh jalan tol di Pulau Jawa akan menerapkan sistem on ramp pay maupun off ramp pay sehingga waktu tempuh bisa berkurang. Ruas jalan tol Soreang-Pasir Koja yang dalam waktu dekat akan beroperasi langsung menggunakan sistem off ramp pay.
“Upaya ini untuk memperlancar jalur jalan tol khususnya untuk menghadapi arus mudik Lebaran pada tahun ini. Selanjutnya juga akan didorong pembayaran non tunai dengan e-payment multi bank sehingga jalan tol kita bisa free flow dalam beberapa tahun ke depan,” imbuh Basuki.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me