3 Ruas Tol Trans Sumatera Beroperasi Sebelum Lebaran

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan jalan tol Trans Sumatera mendapat perhatian khusus pemerintah. Proyek jalan tol ini untuk mendorong pengembangan wilayah dan kegiatan perekonomian. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, saat ini proyek jalan tol Trans Sumatera sudah mencapai 62 persen dan pada tahun ini akan ada beberapa ruas yang dioperasikan.

“Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, dan Medan-Binjai sedang kita kebut supaya bisa beroperasi pada tahun ini sebelum Lebaran,” ujarnya saat meninjau jalan tol Trans Sumatera, pekan ini.

Jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas antar wilayah sehingga memperlancar jalur distribusi yang akan besar dampaknya terhadap efisiensi biaya logistik barang dan jasa. Jalan tol Trans Sumatera akan menghubungkan sejumlah kota mulai dari Lampung hingga Banda Aceh.

Selain ruas tol ini yang ditargetkan bisa segera beroperasi adalah ruas Pekanbaru-Dumai yang sudah dimulai pekerjaan fisiknya.

Jalan tol Trans Sumatera yang akan beroperasi tahun ini panjangnya 23,2 km. Untuk ruas lain yang segera beroperasi adalah Palembang-Indralaya seksi 3 (KTM-Simpang Indralaya) sepanjang 9,28 km, Bakauheni-Terbanggi Besar paket 1 (Bakauheni-Sidomulyo) sepanjang 8,9 km, dan seluruh ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km.

“Pembangunan jalan tol ini untuk menarik minat sektor swasta supaya lebih layak ekonomi. Pola kerjanya dengan penugasan menggunakan state guarantee model kepada BUMN seperti Hutama Karya yang akan membangun 625,8 km ruas jalan tol hingga tahun 2019,” pungkasnya.

housing-estate.com