Inovasi Hemat Energi Ala Schneider Electric

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Meningkatnya arus urbanisasi yang membuat kota semakin padat perlu disiasati dengan manajemen tata kota dan penggunaan fasilitas perkotaan yang tepat. Menurut prediksi World Bank, tahun 2025 mendatang 68 persen masyarakat Indonesia akan hidup di perkotaan. Ini akan meningkatkan pertumbuhan bangunan dan menyerap energi sangat besar. Pada tahun 2040 total konsumsi energi dunia dari bangunan akan mencapai 80 persen, naik 100 persen dari tahun 2025 yang diperkirakan 40 persen. Karena itu efisiensi energi menjadi mutlak diterapkan.

schneider

Terkait hal itu Schneider Electric, perusahaan global di bidang manajemen energi dan automasi, kembali mengadakan Innovation Summit 2017 untuk membahas isu-isu terkini di bidang energi. Isu penting yang dibahas adalah urgensi efisiensi energy dan konsep ramah lingkungan di sektor bangunan.

Vice President EcoBuilding at Schneider Electric Jean Baptiste Hazard, menjelaskan mengenai produk Scheneider untuk mentransformasi sebuah bangunan menjadi lebih efisien pemakaian energinya. “Solusi yang kami tawarkan ini juga sesuai dengan draft Rencana Induk Konservasi Energi Nasional (RIKEN) dari Direktorat Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang menargetkan tercapainya efisiensi energi 10-30 persen untuk bangunan komersial dan 15-30 persen untuk bangunan residensial pada tahun 2025 nanti,” ujarnya saat berbicara di Innovation Summit di Jakarta, pekan ini.

Schneider memperkenalkan solusi EcoStruxure dengan 3 platform digital yang bisa mentransformasi performa sebuah bangunan. Ketiga platform tersebut adalah Wiser untuk connected platform sektor residensial, SmartStruxure sebuah sistem pengelolaan bangunan dan PowerStruxure sistem pengelolaan daya listrik dengan Wiser yang mengoneksikan seluruh perangkat.
Kemudian SmartStrucure yang merupakan platform untuk sistem pengelolaaan bangunan berbasis internet protocol (IP) yang memanfaatkan building internet of things (BIoT). Ini merupakan teknologi bangunan masa depan mulai dari bangunan kecil, menengaah, hingga bangunan besar dengan kompleksitas yang tinggi. Teknologi ini memungkinkan analisa dari penggunaan listrik, sistem lighting, HVAC, keamanan, kontrol akses, distribusi listrik dan lainnya untuk memberikan informasi sehingga bisa dikontrol melalui aplikasi mobile.

“Sementara PowerStruxure merupakan sistem pengelolaan listrik yang terintegrasi secara seamless untuk mendistribusikan listrik sehingga para pengelola bangunan dapat mempertahankan kesiagaan listrik pada sebuah bangunan. Dengan cara ini para pengelola juga dimungkinkan menemukan peluang-peluang baru untuk menghemat energi,” imbuh Jean.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me