2018, Kementerian PUPR Targetkan Tol Semarang-Solo Beroperasi Penuh

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan Tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya bisa beroperasi pada 2018.

Namun, sebelumnya Kementerian PUPR akan memacu percepatan pembangunan jalan tol ruas Semarang-Solo sehingga bisa beroperasi penuh tahun depan.

Baca juga: Tidak Mau Insiden “Brexit” Terulang, Pemerintah Belum Ungkap Operasional Jalan Tol Baru

“Insya Allah trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya, 2018 operasional. Itu target saya,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono seperti dikutip oleh Kompas.com.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri PUPR ketika meninjau progres pekerjaan fisik jalan tol ruas Bawen-Salatiga, di Desa Polosiri, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, pada Jumat, 7 April 2017 lalu.

Baca juga: Wah, Wisma Atlet Jakabaring Akan Dilengkapi Furnitur

Basuki Hadimuldjono juga menyatakan kalau pembebasan lahan untuk ruas tol ini sudah selesai 100 persen.

Saat ini, pada ruas tol Bawen- Salatiga sepanjang 17,5 kilometer masih menyisakan pekerjaan yang paling berat yaitu cut and fill sepanjang 2,5 kilometer pertama.

Baca juga: Investasi Kondotel di Kawasan Pariwisata Ternyata Masih Menjanjikan!

Sekitar 250.000 meter kubik tanah masih harus digali dan dipindahkan dari Bukit Polosiri agar mencapai tingkat kelandaian sesuai standar jalan raya.

Kendala utama pekerjaan ini adalah faktor cuaca dengan intensitas hujan masih cukup tinggi. Kecepatan pekerjaan di lokasi ini mencapai 8.000 meter kubik per hari dengan kondisi cuaca baik dan tidak hujan.

Baca juga: Penyerapan Ritel Belum Bertambah, Jakarta Tambah Dua Mal Baru

Namun, jika kondisi hujan, kemampuan pekerjaan cut and fill berkurang hingga separuhnya yakni hanya sekitar 4.000 hingga 5.000 kubik per hari.

Menteri PUPR berharap ruas tol Bawen-Salatiga ini pada Lebaran 2017 minimal sudah fungsional atau bisa dilalui untuk arus mudik dengan konstruksi berupa lean concrete.

Baca juga: Over Supply Pengaruhi Banyak Hal Terkait Ruang Perkantoran di Jakarta

Untuk menunjang fungsional ruas tol ini, nantinya jalur ini sudah dilengkapi pagar dan penerangan selama arus mudik-balik Lebaran 2017. “Tapi tahun 2018 sampai Solo sudah akan operasional,” ujar Basuki.

rumah123.com