e-FLPP Diamankan, Bank Pelaksana Kini Mudah Ajukan Dana KPR FLPP

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) mengamankan sistem e-FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ). Sistem ini dibuat dalam bentuk aplikasi online.

Manfaat aplikasi tersebut mempermudah dan menyingkat waktu proses pengajuan dana KPR FLPP dari bank pelaksana kepada Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP). Kalau proses sebelumnya 7 hari, maka dengan adanya aplikasi ini hanya 3 hari selesai.

Baca juga: Dana FLPP Lebih Banyak Diserap Karyawan Berpenghasilan Segini Loh!

“Sistem e-FLPP harus dilakukan pengamanan. Di era sekarang, kita harus lebih hati-hati terhadap kemajuan teknologi karena bisa disalahgunakan oleh berbagai pihak. Dengan e-FLPP, kami berharap sinergitas PPDPP dan bank penyelenggara dapat berjalan lebih baik,” kata Dirjen Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti, di Jakarta, Kamis (6/4).

Sementara itu, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono, mengatakan sistem e-FLPP telah digunakan oleh seluruh Bank Pelaksana yang bekerja sama dengan PPDPP.

“Dengan adanya kerja sama dengan Lemsaneg, maka sistem e-FLPP akan menggunakan teknologi Go Live Secure Connection (token),” ucapnya.

Baca juga: Tersedia Rp15,6 T untuk Bangun 895.000 Rumah MBR, Ayo Punya Rumah!

Penyaluran dana FLPP sejak 2010-Februari 2017, telah disalurkan sebanyak 496.475 unit rumah dengan nilai Rp 28,26 triliun. Sebaran penyaluran dana FLPP berdasarkan tiga bank pelaksana tertinggi, yakni Bank BTN dengan jumlah 435.120 unit (87,64%), Bank BTN Syariah 31.454 unit (6,34%), dan Bank BRI Syariah sebanyak 9.836 unit (1,98%). (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me