Geliat Properti Pantura Jawa Ulasan Laporan Utama MPI (6)

Big Banner

Apartemen di Semarang Menggeliat

Selain perumahan, salah satu bisnis properti yang perkembangannya cukup signifikan dan berkompetisi ketat di Semarang adalah apartemen. Jika beberapa tahun sebelumnya tren pembangunan difokuskan di pusat kota atau pusat-pusat bisnsi (CBD), saat ini tren mulai mengarah ke kawasan pendidikan seperti Tembalang.

Hal ini tak terlepas dari perpindahan kampus Universitas Diponegoro (Undip) dari Pleburan ke Tembalang pada sekitar tahun 2010 lalu serta tingginya minat para mahasiswa yang mencari rumah kos ekslusif, namun harus kecewa karena terbatasnya pasokan. Sebagai gambaran, total mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro saat ini tercatat sebesar 50 ribu mahasiwa dan setiap tahunnya menerima lebih dari 5000 mahasiswa baru yang berasal dari ber bagai daerah. Yang menarik, dari 50 ribu mahasiswa tersebut, sekitar 20%-30% diantaranya berasal dari latar belakang ke luarga level menengah dan menengah atas.

Mahasiswa-mahasiwa ini sebagian besar mencari rumah kos eksklusif yang aman dan nyaman sehingga dapat menunjang aktivitas belajar mereka. Ini baru dari Undip belum perguruan tinggi lainnya seperti Politeknik Negeri Semarang, Poltekes Semarang dan beberapa universitas lainnya.

Potensi inilah yang dibaca para pengembang dan diterjemahkan dengan membangun apartemen-apartemen baru. Karena itu, sebagain besar pengembang mengusung konsep yang sama, yaitu dekat dengan kampus, total pasokannya hingga ribuan unit serta melengkapinya dengan berbagai fasilitas untuk mendukung pendidikan. Beberapa apartemen tersebut diantaranya Bellini Tower, Royal D’Paragon, The Abimanyu, Tamansari Cendekia, Cordova Edupark Apartement serta The Alton Apartment @Paltrow City. Selain konsep, harga yang ditawarkan apartemen-apartemen ini pun lumayan ketat, rata-rata di atas Rp13 juta per m2.

The Alton Apartement misalnya. Apartemen kedua (sebelumnya Amarta View) besutan BUMN properti PT PP Properti, Tbk di Jalan Prof Soedarto, Tembalang, Semarang ini dikembangkan di atas lahan seluas 5500 m2 dan merangkum tiga tower dengan total 2000 unit apartemen. Ditawarkan dengan harga kisaran Rp350an juta untuk satu kamar dan Rp600an juta untuk dua kamar. Untuk saat ini tower pertama yang merangkum 656 unit sudah ludes terjual dalam waktu singkat dan rencananya akan mulai diserahterimakan pada 2019 mendatang. Saat ini The Alton sedang bersiap-siap untuk memasarkan tower kedua yang rencananya diluncurkan pada April 2017.

Menyusul Alton adalah Cordova Edupark Apartemen. Dikembangkan oleh Pilar Amartha di atas lahan seluas 4.697 m2 di area Bukit Sari, tepatnya di depan gerbang Tol Tembalang. Apartemen setinggi 20 lantai ini nantinya akan merangkum 655 unit apartemen dengan pilihan 1 kamar dan 2 kamar. Sementara, harga yang ditawarkan mulai dari Rp341 jutaan.

Berbeda dengan apartemen mahasiswa lainnya, Cordova mengusung konsep bernuansa religi yang diimplementasikan melalui fasilitas-fasilitas yang ditawarkan, seperti mesjid megah yang ditempatkan persis di depan apartemen, perpustakaan, gym yang terpisah untuk pria – wanita serta beberapa fasilitas penunjang lainnya.

PT Wika Realty anak usaha BUMN PT Wijaya Karya, Tbk. termasuk salah satu pengembang yang kepincut untuk menggarap segmen hunian vertikal di Semarang, khususnya Tembalang. Setelah sukses dengan proyek landed house Tamansari Majapahit (10 Ha) di Jl Majapahit Pedurungan, Semarang dan Tamansari Hill (12 Ha) di Kel Mangunharjo, Tembalang, Wika Realty kembali melansir proyek terbarunya berlabel Tamansari Cendekia, tepatnya di Jalan Durian Raya, Banyumanik, Tembalang.

Tamansari Cendekia dikembangkan di atas lahan seluas 9000 m2 yang merangkum dua tower apartemen setinggi 21 lantai dengan total1707 unit. Cendekia ditawarkan dengan pilihan dua tipe luasan yaitu studio (18 m2 semi gross) dan dua kamar dengan opsi full furnished atau tidak. Tipe studio dilepas dengan harga Rp290 juta sampai dengan tertinggi Rp900 juta (56m2 semi gross). Saat ini untuk tower pertama (864 ) telah terserap sebanyak 50%. MPI Riz (Dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.)

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me