Pangsa Pasar Hotel di Jakarta Dikuasai oleh Hotel Jaringan Internasional

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Sebagai ibu kota negara dan kota megapolitan, sudah sewajarnya kalau Jakarta penuh sesak dengan hotel berbintang.

Kompas.com melansir riset Colliers International Indonesia yang mengungkapkan kalau ada lima pemain besar hotel berjaringan global dengan hak pengelolaan ratusan hingga ribuan kamar.

Baca juga: Penyerapan Ritel Belum Bertambah, Jakarta Tambah Dua Mal Baru

Pertama, Accorhotels. Grup perhotelan asal Prancis ini mengelola 22 hotel dengan klasifikasi 11 hotel bintang 3, tujuh hotel bintang 4, dan empat hotel bintang 5.

Salah satu hotel yang dikelola Accorhotels adalah Raffles Jakarta. Hotel ini sempat menjadi perbincangan lantaran Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud menginap di sini.

Baca juga: Over Supply Pengaruhi Banyak Hal Terkait Ruang Perkantoran di Jakarta

Kedua, Marriott International. Grup perhotelan asal Amerika Serikat ini mengelola delapan hotel dengan bintang 4 dan 5.

Hotel yang dikelola Marriott International adalah Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, Westin Jakarta, Le Meridien Jakarta, JW Marriott Mega Kuningan Jakarta, The Luxury Collection Jakarta, Sheraton Jakarta Gandaria City, dan Four Points Jakarta.

Baca juga: Semakin Banyak Pengembang Asing Membangun Proyek Properti di Indonesia

Ketiga, Archipelago International. Sebenarnya, grup perhotelan ini berkantor pusat di Jakarta. Archipelago International mengelola tujuh hotel dengan klasifikasi satu hotel bintang 3, lima hotel bintang 4, dan satu hotel bintang 5.

Sebelumnya, Archipelago International merupakan Aston International. Archipelago International memiliki sejumlah hotel di Bali serta Malaysia dan Filipina.

Baca juga: Crown Group Selesaikan Tiga Proyek Properti dalam Tiga Bulan

Keempat, Swiss-Belhotel International. Grup perhotelan ini mengelola enam hotel yaitu dua hotel bintang 3 dan empat hotel berbintang 4.

Swiss-Belhotel International berkantor pusat di Hong Kong. Jaringan hotel ini mengelola lebih dari 135 hotel yang tersebar di 13 negara yang berada di kawasan Eropa, Asia, Pasifik, dan juga Timur Tengah.

Baca juga: Investasi Kondotel di Kawasan Pariwisata Ternyata Masih Menjanjikan!

Kelima, Four Seasons. Grup perhotelan asal Kanada ini baru mengoperasikan satu hotel bintang 5 di Jakarta.

Sebelumnya, Four Seasons telah memiliki sejumlah hotel di Bali yang menjadi destinasi utama wisata.

rumah123.com