Kemenpupera Serahkan Aset Senilai Rp774 Miliar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melakukan hibah aset badan milik negara (BMN) di bidang infrastruktur pemukiman kepada pemerintah daerah (pemda), yayasan, dan lembaga. Aset BMN ini dihibahkan kepada 99 penerima terdiri 4 pemerintah provinsi, 34 pemerintah kota, 59 pemerintah kabupaten, dan 2 yayasan/lembaga dengan jumlah aset yang diserahkan 323 unit. Aset BMN yang diserahterimakan nilainya Rp774 miliar.

Kemepupera

“Setelah aset ini diserahkan maka pencatatan dan pengelolaan BMN ini harus dilakukan dengan baik untuk dinikmati manfaatnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenpupera Anita Firmanti saat penandatanganan dengan penerima hibah di Jakarta, Kamis (13/4).

Rincian aset yang diserahterimakan mencakup bidang pengembangan kawasan pemukiman sebesar Rp458,4 miliar termasuk rumah susun sewa (rusunawa) senilai Rp384 miliar, bidang penataan bangunan Rp158 miliar, air minum Rp105,7 miliar, dan bidang penyehatan lingkungan sebesar Rp52 miliar. Keseluruhan aset ini bersumber dari dana APBN yang dibangun periode 2014-2016.

Penyerahan aset ini juga untuk pembelajaran bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka mengelola aset yang lebih baik. Selain itu hal ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk memperbaiki kualitas, catatam, serta laporan pertanggungjawaban BMN di lingkungan Kemenpupera.

“Penyerahan aset BMN ini bukan berarti putusnya kegiatan bersama antara Kemenpupera dengan pemerintah daerah tapi justru peningkatan nilai manfaat dari aset yang telah diserahkan tersebut. Bentuk asetnya sendiri macam-macam selain bangunan bisa berupa jalan, taman, irigasi, instalasi pengolahan sampah, jaringan air minum, sampai bulldozer, excavator, mobil tangki air, dan lainnya,” imbuh Anita.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me