Usai Diresmikan, Tarif Tol Tanjung Priok Gratis Selama Sebulan

Big Banner
Akses Jalan Tol Tanjung Priok. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Akses jalan Tol Tanjung Priok sepanjang 392 Km telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (15/4) lalu. Usai peresmian, PT Jasa Marga dan Cipta Marga Nusaphala Persada (CMNP) sepakat membebaskan biaya tarif tol ini selama sebulan.

Baca juga: Akhirnya, Jalan Tol Akses Tanjung Priok Diresmikan Presiden Joko Widodo

Pembangunan jalan tol ini sudah sejak 2008 lalu. Namun, terkendala pengadaan lahan hingga mutu beton sebanyak 69 pilar, sehingga terjadi perombakan.

“Sekitar 3.600 truk kontainer akan lalu-lalang di jalan tol ini. Dengan adanya akses Tol Tanjung Priok, kecepatan keluar-masuk pelabuhan kontainer dapat ditingkatkan. Artinya, kapal-kapal peti kemas tersebut bisa dilayani dengan baik,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya.

Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) kini sedang menggarap proses pengadaan lahan pada Seksi W2 sepanjang 6 Km yang akan menghubungkan jalan Tol Akses Tanjung Priok dengan tol dalam kota.

Baca juga: Mau Tahu Tarif Baru Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak?

Pada akhir 2019, jalan penghubung tersebut digadang-gadang akan selesai. “Namun demikian, kami perlu memonitor hubungan antara pola transportasi dan tata guna lahan yang berubah dengan keberadaan ruas tol baru ini,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok terdiri atas lima seksi, yakni Seksi E-1 Rorotan-Cilincing (3,4 Km), E-2 Cilincing-Jampea (2,74 Km), E-2A Cilincing-Simpang Jampea (1,92 Km), NS Link Yos Sudarso-Simpang Jampea (2,24 Km), dan NS Direct Ramp (1,1 Km). (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me