Inilah Rumah Penampungan Buatan Mahasiswa Universitas Southern California

Big Banner
Rumah penampungan buatan mahasiswa USC. Foto: RUmah123/Dok. USC Student

Para mahasiswa di Universitas Southern California (USC) jurusan arsitek membangun rumah penampungan bagi tunawisma yang berada di Los Angeles (LA) dan sekitarnya.

Pembuatan rumah tampung itu di bawah naungan The Martin Architecture and Design Workshop (Madworkshop), organisasi nirlaba berbasis di Santa Monica.

“Hampir 47 ribu orang kehilangan tempat tinggal di Daerah Los Angeles, sebuah angka yang meningkat sebesar 5,7 persen sejak 2015,” kata Marthin seperti dilansir DeZeen.

Baca juga: Solusi Rumahku, Bantuan Rumah Sederhana bagi Korban Bencana Pidie Jaya

Para mahasiswa ini sebelumnya mengikuti workshop yang digelar oleh organisasi tersebut. Mereka bisa membangun rumah Homeless Studio, sebutan rumah tampung, berkat ilmu yang diajarkan Sofia Borges dan R Scott Mitchell.

Kedua orang ini merupakan direktur sekaligus anggota organisasi The Marthin Architecture.

Contoh rumah penampungan tunawisma yang dibuat oleh Mahasiswa University Southern California (USC) Foto: Dok. Mahasiswa USC

Pembuatan tempat penampungan ini dibangun dari bahan-bahan bekas. Sebut saja keranjang belanja, kotak kayu, yang dikais dari kawasan sekitar. Sementara, sekrup, roda, dan kunci merupakan bahan yang dibeli.

Homeless Studio didesain agar bisa berpindah-pindah dan bisa dibongkar-pasang (modular). Berukuran luas ruang 8,5 meter persegi, di dalamnya juga terdapat kamar mandi.

Baca juga: Dulu Ngontrak, Sekarang Peni Bisa Punya Rumah Subsidi Rp141 Juta Ini!

Homeless Studio solusi untuk masalah tersebut. Karena ada sekitar 500 ribu orang tidak memiliki tempat tinggal di sini (Los Angeles),” kata Borges.

Rupanya solusi rumah untuk tunawisma seperti ini juga dirancang mahasiswa lainnya, yakni Royal College of Art di London, dan sebuah tempat tinggal mikro oleh mahasiswa University of California, Los Angeles (UCLA). (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me