Underpass Simpang Lima Mandai Makassar, Siap Difungsikan Lebaran Ini!

Big Banner
Underpass Simpang Lima Mandai Makassar, Sulawesi Selatan, yang bisa dilalui kendaraan pada Lebaran ini. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Underpass Simpang Lima Mandai Makassar, Sulawesi Selatan, sepanjang 1.050 meter dengan lebar terowongan 110 meter akan difungsionalkan pada Lebaran tahun ini.

“Kami instruksikan kontraktror untuk bekerja tiga shift selama tujuh hari seminggu, sehingga target fungsional H-7 lebaran bisa tercapai. Kami akan lengkapi underpass ini dengan aksesori yang dipersyaratkan sesudahnya,” ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar, Bastian S Sihombing, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/4).

Baca juga: Beroperasinya Jalan Tol Akses Tanjung Priok Bakal Tingkatkan Daya Saing Logistik Indonesia

PT Adhi Karya dan PT Wijaya Karya (WIKA) sebagai pelaksana konstruksi menjadwalkan underpass ini rampung pada 11 Juli 2017. Namun, sudah bisa dilintasi kendaraan sekitar 19 Juni.

Nilai kontrak multiyears pembangunannya menggunakan dana APBN sebesar Rp169,63 miliar. Kini, underpass Simpang Lima Mandai sudah berbentuk pengerasan beton dan aspal.

Baca juga: Akhir 2018, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Bakal Rampung

Secara keseluruhan, progres fisik konstruksi sudah mencapai 74,77 persen. Termasuk sistem drainase dan pintu air, mengantisipasi terjadinya genangan pada terowongan.

Pembangunan underpass ini dibuat agar mampu mengatasi kemacetan di Simpang Lima Mandai dengan memisahkan lalu lintas ekonomi regional Makasar-Maros-Parepare, serta arus keluar-masuk kendaraan dari Bandara Sultan Hasanuddin. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me