Sektor Manufaktur Tumbuh, Investasi Properti Juga Akan Meningkat

Big Banner
Ilustrasi. Foto: iStock Photo

Sebuah laporan baru dari konsultan real estat Jones Lang Lasalle (JLL) memprediksi investasi properti di Asia Tenggara akan meningkat.

Berdasarkan data JLL menunjukkan nilai transparansi real estat global di seluruh Asia Tenggara khususnya Vietnam dan Indonesia, telah meningkat dalam 12 tahun terakhir. Hal ini berimbas kepada investor internasional lebih percaya diri untuk memasuki pasar ini.

Baca juga: Investasi di Citoh Sekarang, Dapat Untung Kemudian!

Sektor manufaktur menjadi penyebab peningkatan perekonomian di kawasan Asia Tenggara terutama Indonesia dan Vietnam yang merasakan dampak tersebut.

“Sektor manufaktur Indonesia diperkirakan tumbuh enam sampai tujuh persen setiap tahunnya sampai 2021, berkat adanya stabilisasi mata uang dan perubahan kebijakan ekonomi,” ujar Kepala Riset Pasar Modal Asia Tenggara JLL, Regina Lim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/4).

Sementara untuk negara Vietnam, lanjut dia, unggul dalam tenaga kerja usia muda, biaya hidup relatif rendah, serta iklim politik yang stabil.

Baca juga: Semakin Banyak Pengembang Asing Membangun Proyek Properti di Indonesia

Adanya perkembangan sektor manufaktur tersebut berimbas pada segmen ekspor yang bertambah juga. Ekspor Vietnam tumbuh sebanyak 16 persen per tahun dalam kurun waktu 2011-2016, dibandingkan Cina hanya 6 persen saja pertumbuhannya. (dod)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me