Pasar Apartemen Semakin Membaik

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kondisi pasar apartemen pada awal 2017 menunjukkan kecenderungan membaik. Pada kuartal pertama 2017 apartemen yang terserap di Jakarta sekitar 3 ribu unit. Jumlah ini naik hampir dua kali lipat penjualan apartemen pada kuartal terakhir 2016  sebanyak 1.600 unit.

Pondok Indah Residence

Pondok Indah Residence

“Kalau penyerapan ini bisa dipertahankan hingga akhir tahun berarti ada 12 ribu unit terserap pasar. Ini angka sangat bagus,  hampir sama dengan penyerapan saat bisnis properti sedang bagus-bagusnya tahun 2012-2013,” ujar Anton Sitorus, Director of Research and Consultancy Savills Indonesia, saat paparan property market update kuartal I 2017 di Jakarta, Kamis (20/4).

Dilihat wilayahnya suplai apartemen paling banyak di kawasan Jakarta Barat, disusul  Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Anton menyebutkan kondisi suplai ini perlu dilihat lebih cermat karena  kondisinya tidak normal. Karena pasar yang belum kondusif  banyak proyek apartemen ditunda cukup lama. Proyek-proyek tersebut pada akhir 2016 hingga awal tahun mulai dilansir sehingga suplai ke pasar cukup banyak.

Tapi karena kondisi pasar masih lemah perkembangan harganya sepanjang tahun ini diprediksi masih stagnan. Selain itu cukup banyak kalangan pengembang memberikan diskon dan hadiah langsung sehingga secara riel harganya justru turun.

“Suplai terbanyak masih dari segmen menengah bawah dan menengah. Tapi penyerapan terbanyak justru dari segmen premium sebesar 90 persen, sementara menengah bawah 60 persen dan menengah 70 persen,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me