Jalan Tol Jakarta-Cikampek Layang Akan Beroperasi 2019

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Proyek jalan tol Jakarta-Cikampek 2 yang akan dibangun layang di atas jalan tol eksisting (elevated toll) akan segera dilakukan. Proyek sepanjang 36 km ini akan memakan biaya konstruksi mencapai Rp16 triliun dan akan melayang mulai interchange Cikunir hingga Km 36 di Karawang Timur.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, proyek ini akan mulai dibangun pada triwulan kedua tahun 2017 dengan target penyelesaian pada awal tahun 2019. “Jalan tol ini dibangunnya di tengah jalan tol Jakarta-Cikampek sehingga pembebasan lahannya hanya sedikit, paling 10 persen untuk exit dan interchange saja,” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/4).

Untuk pelaksana pembangunan jalan tol layang ini telah dibentuk konsorsium Jasa Marga dan PT Ranggi Sugiron Perkasa. Jalan tol ini akan terdiri dari 9 seksi yang dimulai dari Cikunir-Bekasi Barat sepanjang 2,99 km, Bekasi Barat-Bekasi Timur 3,63 km, Bekasi-Timur-Tambun 4,34 km, Tambun-Cibitung 3,3 km, Cibitung-Cikarang Utama 4,46 km, Cikarang Utama-Cikarang Barat 2,72 km, Cikarang Barat-Cibatu 3,16 km, Cibatu-Cikarang Timur 2,45 km, dan Cikarang Timur-Karawang Barat (9,79 km).

Kendala proyek ini karena di jalur yang sama sedang dilakukan proyek kereta ringan light rail transit (LRT) dan kereta cepat (high speed train) Jakarta-Bandung. Ketiga proyek ini bila dikerjakan simultan akan mengakibatkan kemacetan yang lebih parah karena jalan tol ini dilalui rata-rata 65 ribu kendaraan setiap harinya. Karena itu dibutuhkan pelebaran terlebih dahulu untuk mengurangi bertambahnya potensi kemacetan.

“Kita pakai teknologi Sosrobahu yang menggunakan engsel putar antara ujung tiang pancang dengan kepala tiang (pier head). Dengan teknologi ini proses pengecoran kepala tiang penyangga jalan bisa sejajar dengan arah jalan sehingga mengurangi penggunaan ruang seperti teknik konvensional. Selain menggunakan lahan lebih sedikit bisa lebih cepat juga,” imbuh Basuki.

housing-estate.com