Dukung Pembiayaan Perumahan, BPJS Siapkan Rp 5 Triliun

Big Banner

Jakarta – BPJS Ketenagakerjaan mengalokasikan Rp 5 triliun pada tahun ini, untuk pembiayaan perumahan yang anggarannya berasal dari dana Jaminan Hari Tua (JHT).

Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, mengatakan, pihaknya memiliki cadangan dana hingga 30 persen (Rp 60 triliun) dari total dana kelolaan yang ada.

“Artinya, BPJS Ketenagakerjaan memiliki keleluasaan dana untuk pembiayaan perumahan bagi pekerja,” kata Agus, usai menyaksikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan rumah susun sederhana hak milik (Rusunami) di Loftvilles City Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (26/4).

Berkaitan dengan itu, Agus mengimbau pekerja dan pemberi kerja (perusahaan) mendaftarkan diri dalam program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, dan bagi yang sudah terdaftar tidak buru-buru mencairkan dana JHT, terlebih lagi jika masih bekerja.

“Semakin besar dana JHT yang terkumpul, maka akan semakin besar pula alokasi dana pembiayaan perumahan bagi pekerja,” ujarnya.

Pembiayaan proyek pembangunan hunian terjangkau di Loftvilles City Serpong bekerjasama dengan Bank BTN sebagai bank mitra penyalur pembiayaan.

Bagi pekerja yang ingin memiliki rumah melalui BPJS Ketenagakerjaan, bisa mendatangi Bank BTN dan mengajukan aplikasi kredit dengan melampirkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Jika dinyatakan lolos verifikasi kredit dari bank penyalur kredit dan verifikasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, maka pekerja dapat memiliki hunian impiannya,” ucap agus.

Syaratnya, kepesertaan aktif di BPJS-TK minimal selama satu tahun, dan rumah yang akan dibeli merupakan rumah pertama. Pekerja yang memenuhi syarat bisa langsung mendapatkan bantuan perumahan dengan bunga sangat ringan.

“Pekerja cukup menyediakan dana maksimal 5 persen dari harga total,” kata Agus.

sas.call(“std”, {siteId:135920,// pageId:756194,// Page : ID_Beritasatu/beritasatu_megapolitanformatId: 44269,// Format : Video-Read 1x1target:”// Targeting});

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me