Kalau Permohonan KPR Ditolak Bank, Jangan Dulu Menyerah!

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) meskipun biasanya dipermudah oleh bank, namun bisa saja tak disetujui. Hal ini pernah dialami Cadenza Cesademar (27) saat dia membeli rumah pertamanya pada 2012.

Meski syarat gaji dan umurnya sudah memenuhi aturan bank, dan sudah bekerja satu tahun, permohonan KPR-nya ditolak.

Baca juga: “Perang” Suku Bunga KPR Rendah Antarbank, Bikin Penjualan Harvest City Naik 35%

“Ada tiga kali gue mengajukan KPR di bank yang berbeda, tapi semuanya ditolak. Alasannya, usia saya belum matang,” katanya yang pada saat mengajukan KPR berusia 25 tahun.

Padahal pihak bank mensyaratkan usia 21 tahun dan memiliki masa kerja minimal satu tahun. Bagaimana tanggapan pihak bank?

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Proses Kredit Rumah Pertama Ga Ribet

Business and Sales Department Head Bank Tabungan Negara, Budi Permana, mengatakan, persyaratan dari pihak bank memang demikian.

Budi menjelaskan, meskipun segala persyaratan bank sudah terpenuhi, bisa saja bank menolak pengajuan KPR bila ada poin yang diragukan. Semisal karakter si pemohon dianggap belum dewasa untuk konsisten membayar cicilan KPR.

Baca juga; Kredit Rumah Murah Masih Tersandung Syarat dari Bank

“Jadi dari semua persyaratan itu, sebenarnya yang terpenting adalah karakter. Mungkin bank tersebut melihat usianya masuk kategori karakter yang perlu diperhitungkan,” kata Budi.

Dalam kasus Cadenza yang KPR-nya ditolak bank, dia punya solusi melibatkan ayahnya untuk menghadap langsung pihak bank. Ayahnya menjadi penjamin bahwa Cadenza bisa membayar cicilan dengan konsisten dan konsekwen hingga cicilan KPR-nya lunas. Pihak bank pun kemudian menyetujui permohonan KPR pertama Cadenza.  (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me