BPJS TK Anggarkan Rp5 Triliun Untuk Perumahan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) menganggarkan dana Rp5 triliur untuk membiayai 25 ribu unit rumah bagi anggotanya. Menurut Kepala Divisi Investasi BPJS TK Edy Subagio, selain anggaran perumahan ada beberapa terobosan yang dilakukan untuk memudahkan anggotanya memiliki hunian.

bpjs ketenagakerjaan

“Program utama  BPJS TK adalah jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, dan pensiun. Seluruh fasilitas ini sifatnya dinikmati nanti, makanya kita keluarkan manfaat layanan tambahan khususnya untuk perumahan sehingga fasilitas ini bisa dinikmati sekarang,” ujarnya pada diskusi mengenai perumahan rakyat di Bogor, Rabu (26/4).

Beberapa program manfaat layanan tambahan ini antara lain pinjaman untuk perumahan dengan nilai maksimal hingga Rp500 juta.  Untuk mendapatkan fasilitas ini harus menyediakan DP 5 persen. Ada juga pinjaman uang muka (PUM) khusus untuk pembelian rumah bersubsidi. BPJS TK juga aktif menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memudahkan anggotanya memiliki rumah. Misalnya, kerja sama dengan Bank BTN fasilitas kredit dan asosiasi pengembang.

“Untuk anggota BPJS TK silakan ke Bank BTN nanti akan dipermudah. Untuk pinjaman dari kami kepada para anggota, bunganya cukup rendah, kami memberlakukan bunga BI repo rate ditambah 3 persen, jadi sekitar 7,75 persen. Seluruh peserta BPJS TK bisa mendapatkan fasilitas ini dengan minimal kepersertaan 1 tahun,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me