Lakukan Ini Agar Dapur Dan Ruang Makan Tetap Rapi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Dapur dan ruang makan umumnya menjadi ruang yang paling sulit dipertahankan tingkat kebersihannya. Bagaimana tidak, dapur merupakan tempat untuk mengolah makanan dan ruang makan tempat untuk menghidangkan dan menyantap makanan. Aktivitas ini membuat kedua ruang ini menjadi sulit untuk dibuat tetap rapi.

Ada beberapa tip maupun trik mudah untuk membuat dapur dan ruang makan lebih terjaga kerapiannya sebagaimana dikutip dari website desain interior Fabilio, Sabtu (30/4). Satu hal yang pasti, kita harus ringan tangan untuk segera membersihkan aneka peralatan yang telah selesai digunakan sehingga tidak menumpuk dan membuat effort ekstra untuk merapikannya.

Manfaatkan Dinding

rak-tempel-dapur

Cara praktis dan mudah adalah memaksimalkan fungsi dinding kosong sebagai tempat penyimpanan dengan menggantung berbagai peralatan dapur maupun untuk dipasang rak. Segera setelah semua peralatan dapur maupun meja makan telah selesai digunakan, cuci bersih dan simpan di “dinding penyimpanan” ini.

Organisir Bumbu

Tips-Menata-Dapur-agar-Nyaman-dan-Rapi-08

 

Berbagai bumbu dapur yang jumlahnya cukup banyak perlu dilakukan pengorganisasian dengan disimpan terpisah dan mudah ketika akan digunakan. Gunakan toples kaca maupun bahan lain yang transparan kemudian letakan di dinding maupun rak yang dekat dengan kompor sehingga memudahkan ketika akan digunakan. Kita bisa membeli wadah bumbu yang banyak tersedia di pasaran atau bisa juga gunakan wadah bekas botol minuman, toples selai, dan lainnya.

Organisir Piring Kotor

2598-1072563-Tips_Mencuci_Piring_untuk_Menjaga_Kesehatan

Bukan hanya bumbu, yang juga perlu ditata adalah peralatan masak ataupun peralatan makan yang belum sempat dibersihkan setelah digunakan. Supaya tidak terlihat terlalu berantakan, peralatan kotor ini bisa disimpan dengan peletakan yang disusun. Letakan piring besar di bagian paling bawah, pisahkan pisau dan sendok-garpu, juga kelompokan gelas dan mangkuk. Kalau perlu rendam di dalam air agar lebih mudah membersihkan sisa makanan berminyak. Dengan disusun seperti ini akan terlihat lebih rapi dan memudahkan kita ketika akan dicuci.

Alas Meja Makan

meja

Hindari kontak lansung peralatan makan dengan permukaan meja. Tetesan air, kuah, hingga makanan yang jatuh akan membuat bekas yang tidak sedap dipandang di meja makan kita. Karena itu gunakan alas mulai tatakan piring-gelas maupun plastik yang menutup seluruh permukaan meja. Saat ini sudah banyak plastik bermotif yang akan menambah indah tampilan meja makan kita.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me