Menciptakan Ruang Keluarga Lebih Hangat dan Homey

Big Banner

Jakarta – Scandinavian style saat ini tengah disukai karena dapat menciptakan atmosfer sejuk, teduh, nyaman, serta memberikan tampilan yang homey namun juga berkesan mewah ketika diterapkan dalam tata ruang hunian.

Kesederhanaan, minimalis, dan fungsional adalah tiga hal yang menjadi ciri utama dari gaya Scandinavian ini. Konsep sederhana dan minimalis misalnya, dapat ditemukan dalam dominasi warna-warna netral seperti putih dan abu-abu terang. Alih-alih sederhana, warna netral ini justru dapat menciptakan kesan mewah.

Desainer PT Granitoguna Building Ceramics, M Zachri Zelhas, mengatakan, konsep seperti ini pun sejalan dengan selera para pecinta gaya minimalis. Alasannya, lanjut dia, gaya Scandinavian juga mengutamakan unsur ‘fungsi’ daripada sekadar desain semata.

“Ada tiga hal yang menjadi kekhasan dari gaya Scandinavian, yaitu simplicity (kesederhanaan), minimalism (minimalis), dan functionality (fungsi). Dimana ruang-ruang yang ada harus dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Namun tetap dipadukan dengan detil-detil interior yang simple dan sederhana,” kata Zachri di Jakarta, Kamis (4/5).

Ilustrasi interior ruang keluarga

Manager Granito Tile Studio (GTS) – PT Granitoguna Building Ceramics, Kuntjoro Tjahjosarwono, menyarankan, aksen yang dapat diaplikasikan pada ruang keluarga adalah dengan mengkombinasikan area dinding menggunakan tile (ubin) Granito yang berwarna abu-abu dan bertekstur kasar seperti Salsa Oasis Alumunium atau Castello Vento.

“Anda juga dapat memberikan sentuhan kombinasi mosaik pada dinding dengan motif geometris seperti koleksi yang dimiliki Granito yaitu Modular Ardor A atau Ardor B,” kata Kuntjoro.

Menurut Kuntjoro, kombinasi aksen yang selaras dengan tema Scandinavian style tersebut dapat membuat ruang keluarga terasa lebih hangat, nyaman, dan terasa semakin homey.

Furniture ala Scandinavian

Selain kehangatan dan kenyamanan, kesan lain yang ditimbulkan dari Scandinavian style ini adalah dapat menciptakan ruangan yang terasa lebih luas dan lapang.

“Sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah mungil atau apartemen dengan lahan terbatas, karena dominasi warna-warna netral seperti putih dan abu-abu terang juga dapat membuat ruangan kecil terkesan lebih luas. Dapat dikatakan bahwa kombinasi kedua warna ini adalah warna wajib untuk mendapatkan tampilan interior Scandinavian,” jelas Zachri lagi.

Untuk hunian mungil atau ruang terbatas, Anda pun dapat memadupadankan tile Granito jenis Salsa Oasis Frost White dengan modular Ardor B pada aksen dinding (sebagai backdrop) atau Palazzo Touch Estate dikombinasikan dengan Salsa Dune Coffee sebagai aksennya.

Pemilihan furniture yang tepat juga dapat lebih menonjolkan konsep Scandinavian style, seperti menggunakan furniture yang berbahan kayu Jati, Oak, atau Mahony. Selain itu, perhatikan pula bentuk dan detailnya. Disarankan memilih furniture dengan detail yang sederhana (permainan garis).

“Sebaliknya, hindari furniture dengan material yang memiliki banyak ukiran, kurangnya unsur kayu, serta detail lengkung dan bentuk yang rumit,” tandas Zachri.

Adapun produk-produk Granito yang cocok dengan konsep Scandinavian antara lain, Salsa Touch Estate, Salsa Dune Coffee, Salsa Dune Steel, Modular Ardor A, Modular Ardor B, Salsa Crystal Frost White, Palazzo Palermo masing-masing berukuran 60 x 60 centimeter (cm).

sas.call(“std”, {siteId:135920,// pageId:756194,// Page : ID_Beritasatu/beritasatu_megapolitanformatId: 44269,// Format : Video-Read 1x1target:”// Targeting});

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me