CGM Rumah123: Edukasi Properti Penting Banget!

Big Banner
Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung (Rumah123/Dodiek Dwiwanto)

Situs properti no. 1 di Indonesia, Rumah123 kembali menggelar Sentiment Survey, riset yang dilakukan rutin dua kali dalam satu tahun.

Sejumlah hasil terungkap dalam Sentiment Survey kali ini. Salah satunya adalah lebih dari 52 persen responden menyatakan kalau uang muka alias downpayment (DP) menjadi kendala utama dalam memiliki hunian.

Baca juga: GM Rumah123: CCA Menjadi Award Yang Bisa Memberi Value

Uniknya, kenaikan pendapatan ternyata tidak berkorelasi dengan kemudahan untuk memiliki DP. Mereka yang bergaji kurang dari 5 juta, lebih dari 56 persen mengaku belum mampu membayar DP.

Untuk rentang gaji 5-10 juta, jumlahnya berkurang menjadi sekitar 50 persen. Begitu juga kalau melihat rentang gaji 10-15 juta, persentasenya menurun menjadi 38 persen.

Baca juga: Kesamaan Visi Jadi Awal Kerja Sama Kompas.com dan Rumah123

Uniknya, angka ini malah kembali naik menjadi 48 persen untuk mereka dengan rentang gaji 15-20 juta.

Menurut Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung menyatakan edukasi untuk masyarakat mengenai kepemilikan properti sangat penting karena masih banyak yang mementingkan gaya hidup ketimbang mulai mencicil hunian.

Baca juga: Gandeng Tiga Perusahaan, Rumah123 Perkuat Kredibilitas CCA

“Edukasi penting banget. First time home buyer butuh waktu 1 sampai 3 tahun untuk nabung DP, padahal tiap tahun harga sudah geser, naik lebih mahal lagi,” ujar Untung saat memaparkan hasil Sentiment Survey di Jakarta pada Rabu (03/05/2017).

Untung melanjutkan kalau edukasi pentingnya kepemilikan properti harus dilakukan oleh semua stakeholder terutama pemerintah dan developer.

Baca juga: SWA Berharap Sinergi dengan Rumah123 Menjadi Proyek Jangka Panjang

Menurut Untung, masyarakat harus mendapatkan edukasi finansial sehingga bisa mengatur keuangan.

Selain itu, masyarakat juga perlu mendapatkan edukasi mengenai cara memiliki hunian mulai dari pembayaran uang muka hingga pola pembayaran cicilan melalui kredit pemilikan rumah atau cicilan langsung ke developer.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me