IKEA Tawarkan Bahan Alam untuk Perabot Bergaya Skandinavia

Big Banner
Koleksi Stockholm dari IKEA, furnitur berbahan rotan. Foto: Rumah123/IKEA Indonesia

IKEA menghadirkan koleksi terbatas Stockholm. Koleksi ini berbahan alami rotan, kaca tiup, dan serbuk kayu yang diolah menjadi kerajinan tangan. Koleksi Stockholm ini sudah ada sejak 1984 dan tetap mengusung konsep modernitas bergaya Skandinavia.

Perabot rumah berbahan kaca, misalnya, menggunakan metode gelas tiup. Ini cara tradisional di Swedia membuat gelas. Metode ini merupakan warisan budaya Swedia, lantas IKEA menghadirkannya dalam rangkaian vas, mangkok, dan piring saji.

Baca juga: Wow, IKEA Rilis Produk Bermaterial Rotan dan Batik Lho!

“Warna gelasnya dapat berubah sesuai pencahayaan yang ada dan apa yang ditaruh di dalamnya, seolah kita merasakan produk ini dibuat dengan seni yang melekat,” ujar sang desainer, Gunnel Sahlin.

Koleksi Stockholm lainnya berbahan rotan. Para desainer IKEA datang ke Indonesia untuk berkolaborasi dengan perajin lokal guna memastikan kualitas terbaik yang dapat dihadirkan.

Hasil dari kerajinan rotan ini dihadirkan dalam bentuk kursi, meja tamu, dan lemari yang menggabungkan materi rotan dan blond ash.

Koleksi Stockholm dari bahan kaca. Foto: Rumah123/IKEA Indonesia

“Kami membuat banyak kursi prototipe dengan mengubah bagian ini dan itu, sampai menghadirkan versi terakhir. Itulah cara untuk terus maju dalam proses desain,” ujar Nike Karlson.

Baca juga: IKEA Gandeng Perajin Interior dari Limbah Perca

Karlson telah menjadi desainer IKEA of Sweden sejak 2008. Ia selalu mencari cara untuk meningkatkan desainnya dan membuat sesuatu menjadi lebih baik.

”Mengembangkan produk rotan memiliki proses yang sangat berbeda dengan produksi IKEA lainnya yang lebih banyak bersiku lurus dan cepat pada proses pabrik. Rotan lebih berbicara tentang sebuah karya kerajinan dan manusia,” ujarnya.

Produk sofa hadir dalam ukuran besar dan lebar dengan banyak bantalan. Desainer sofa Stockholm, Ola Wihlborg, bahkan menguji di rumahnya sendiri selama beberapa bulan untuk menentukan kenyamanan dan fungsi terbaiknya. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me