Pekerja Harus Segera Punya Rumah, BPJS TK Bantu Pembiayaannya

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menandatangani MoU dengan Ketum DPP REI Soelaeman Soemawinata dan Sekjen Totok Lusida di forum Musda ke-12 Real Estat Indonesia (REI) Jawa Tengah di Semarang, Rabu (3/5).

Dalam MoU tersebut BPJS Ketenagakerjaan (BJS TK) menyediakan fasilitas pembiayaan perumahan sebagai manfaat layanan tambahan (MLT) yang diatur dalam Permenaker No. 35/2016. Sebelumnya, BPJS TK bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN).

Baca juga: Kamu Peserta BPJS TK? Manfaatkan MLT Ini untuk Punya Rumah!

Dalam melaksanakan MLT tersebut, REI yang akan mengadakan perumahannya. Baik BPJS TK maupun REI setuju untuk berkoordinasi pada tingkat pusat, provinsi, kota, dan kabupaten di seluruh Indonesia demi memastikan para pekerja mendapatkan fasilitas perumahan.

Agus Susanto mengatakan, untuk mendapatkan MLT tersebut pekerja setidaknya aktif minimal satu tahun sebagai peserta BPJS TK. Pekerja akan mendapatkan manfaat pembiayaan perumahan dengan bunga yang sangat rendah.

Baca juga: BPJS TK Beri Bantuan Uang Muka Maksimal Rp50 Juta, Mau?

“Kami berharap para peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki rumah sendiri,” ujar Agus seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/5).

Adapun syarat yang harus dipenuhi yakni rumah pertama, aktif di tiga program BPJS TK: JHT, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.

Jangka waktu maksimal kredit untuk kepemilikan rumah hingga 20 tahun, sementara jangka waktu pinjaman uang muka perumahan (UMP) mengacu pada ketentuan yang ditetapkan, yaitu dengan batas maksimal 15 tahun.

Baca juga: Ini Bukti BPJS TK Bantu Uang Muka dan Renovasi Rumah

Perhitungan suku bunga yang berlaku mengacu pada ketentuan yang ditetapkan sesuai dengan BI Repo Rate (RR). Khusus untuk pembiayaan rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR) non-subsidi dan pinjaman uang muka, peserta atau debitur dikenakan suku bunga BI RR ditambah 3 persen per tahun dengan sistem anuitas tahunan sesuai perhitungan bank kerja sama.

Sementara suku bunga KPR subsidi mengacu pada ketentuan yang ditetapkan pemerintah yakni 5 persen, juga dengan sistem anuitas tahunan dari bank kerja sama.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me