Pemkot Tangerang Sediakan 35 Ha Untuk Rusun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Program pembangunan sejuta rumah yang diluncurkan pemerintah sejak April 2015 mulai mendapatkan respon pemerintah daerah. Salah satunya Pemkot Tangerang, Banten, dengan menyediakan lahan seluas 35 ha di Rawa Kucing, Neglasari, Tangerang, untuk dibangun rumah susun sewa (rusunawa). Lokasinya merupakan tempat pembuangan sampah Akhir (TPA). Pemkot Tangerang sudah meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) membangun rusunawa di tempat itu.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah

“Pembangunan rusunawa yang dilakukan Kemenpupera sangat membantu pemerintah daerah untuk menata wilayah. Dengan bangunan vertikal bisa lebih banyak masyarakat yang terlayani huniannya, makanya kami minta untuk TPA Rawa Kucing ini dibangun rusunawa karena aktivitas di sini menampung sampah mencapai 1.200 ton setiap harinya,” ujar Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, saat audiensi dengan Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, di Jakarta, Rabu (3/5).

Pemkot Tangerang sendiri memprogramkan penataan kawasan TPA Rawa Kucing dengan program penghijauan. Revitalisasi kawasan ini dirasa mendesak karena dikhawatirkan terjadinya longsor sampah dengan volumenya cukup besar. Pembangunan rusunawa rencananya diintegrasikan dengan program revitalisasi kawasan ini.  Di TPA Rawa Kucing ada sekitar 100 KK yang bekerja sebagai pemilah dan pemulung sampah.

“Izinnya akan kami permudah, pada tahap awal akan dibangun 1-2 ha untuk pemulung. Mereka sudah menyatakan mampu membayar sewa dan Pemkot akan menyiapkan skema subsidi,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me