Lippo Hadirkan Kota Baru Meikarta Senilai Rp278 Triliun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Lippo Group kembali meluncurkan proyek barunya. Tidak tanggung-tanggung, proyek yang disebut Meikarta ini bakal dikembangkan berskala kota yang akan menyaingi kelengkapan Kota Shenzhen di Cina bahkan siap menyaingi Ibukota Jakarta. Investasi kota baru ini akan mencapai Rp278 triliun.

meikarta

Menurut CEO Lippo Group James Riady, Meikarta akan dibangun diantara 2 kota besar yaitu Jakarta-Bandung dan terintegrasi dengan Bekasi-Cikarang yang saat ini merupakan kawasan industri terpenting di Indonesia. “Meikarta akan terhubung dengan Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100, dan kawasan industri penting lainnya. Proyek ini akan menjadi bagian penting dari pengembangan infrastruktur kereta cepat Jakarta-bandung, Pelabuhan Patimbang, dan jalan tol elevated Cikampek 2,” ujarnya saat perkenalan proyek ini untuk kalangan media di Jakarta, Kamis (4/5)..

Proyek infrastuktur yang dikembangkan pemerintahn untuk koridor timur Jakarta ini bernilai sangat besar. Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung misalnya, investasinya mencapai Rp65 triliun, Pelabuhan Patimbang Rp40 triliun, dan ruas Jakarta-Cikampek 2 Rp16 triliun. Hal ini menjadi landasan kuat untuk memulai proyek berskala kota baru dan membangun fasilitas perkotaan berskala internasional.

James memaparkan, Meikarta berdiri di atas lahan seluas 500 ha yang akan terdiri dari perumahan, 7 mal (500 ribu m2), rumah sakit internasinal, fasilitas pendidikan, hotel, gedung opera, pusat kesenian, ruang pertemuan berskala internasional, dan sebagainya. Untuk tahap awal ini akan dibangun sebanyak 250 ribu perumahan. Tahap pertama proyek ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2014 lalu yang akan mengembangkan seluas 22 juta m2.

Direktur Lippo Design Institute Alwi Sjaaf menambahkan, proyek ini akan dirancang dengan memerhatikan konsep eco friendly yang sangat kuat dengan infrastruktur ter-up date. “Di kawasan ini kami akan menyajikan keunikan pola desain Kota New York dengan traffic efficient grid system dan konsep central park-nya yang luas. Ini akan menjadi kota yang unik dan sangat penting bagi Indonesia,” imbuhnya.

housing-estate.com