Harga Turun, REI: Ini Saat yang Pas untuk Investasi Rumah

Big Banner

TEMPO.CO, Jakarta – REI Balikpapan menyatakan sekarang merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat mampu untuk berinvestasi rumah, sebab harga properti kelas menengah ke atas terpantau menurun sejak tahun lalu.

“Bagi yang mampu, sekarang saat yang pas untuk beli rumah. Para pengembang sedang menurunkan harga unit rumah kelas menengah ke atas,” kata Ketua REI Balikpapan Edi Djuwadi, Kamis, 4 Mei 2017.

Baca:
Gaikindo Persilakan Asing Bisnis Uji Kir
Ini Paling Banyak Dicari di Google saat Ramadan
Bursa Saham 4 Mei Ditutup Menguat

Menurut dia, pengembang memilih untuk mempertahankan harga, bahkan menurunkan harga hingga 5-10 persen, untuk menarik minat pembeli. Dengan menurunnya permintaan, menaikkan harga akan menyulitkan penjualan.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, pertumbuhan harga properti residensial primer kelas menengah di kota tersebut menurun 0,68 persen. Sedangkan pertumbuhan harga properti kelas atas atau kelas mewah tercatat menurun 0,50 persen. Pertumbuhan positif hanya terjadi pada harga properti menengah bawah.

Penyebab menurunnya harga properti itu tak lain adalah imbas dari melambatnya perekomomian daerah, yang berakibat pada menurunnya daya beli masyarakat. “Banyak konsumen yang tidak sanggup melanjutkan angsurannya. Jadi kalau kondisi seperti ini kami naikkan harga, malah tidak laku. Menurunkan harga cukup membantu penjualan, khususnya bagi pengembang yang punya unit siap huni,” tutup Edi.

BISNIS.COM

properti.tempo.co