Tips Praktis Membersihkan dan Merawat Blender

Big Banner

Jakarta – Blender merupakan alat masak yang sangat praktis. Fungsinya sebagai penghalus bahan makanan pun tak diragukan, mulai dari bumbu dapur hingga smoothies. Saking praktisnya, blender sering diandalkan atau bahkan digunakan setiap hari.

Mengingat harga perangkat dapur yang satu ini harganya cukup mahal, berikut sejumlah tips praktis untuk membersihkan dan merawat blender agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Membersihkan Blender

1. Bersihkan selalu bagian tabung

Kebiasaan menunda proses pencucian blender ternyata dapat mempengaruhi kualitas perangkat tersebut. Jika ditunda terlalu lama, blender akan berbau tak sedap dan menimbulkan bakteri dari sisa makanan.

Untuk itu, bersihkan tabung blender selagi menempel dengan mesinnya. Tuang seperempat hingga setengah air ke dalam tabung, beri perasan jeruk lemon, dan nyalakan blender sebentar. Cara ini, bertujuan untuk menghilangkan bau dan sisa makanan yang sulit terjangkau.

2. Cuci blender dan keringkan

Langkah selanjutnya, lepas tabung blender dari mesinnya. Buang air di dalam tabung dan cuci dengan sabun seperti biasa. Setelah bersih, lap hingga kering dan letakkan di rak yang aman.

Untuk membersihkan mesin blender cukup dilap saja dengan kain bersih. Namun, pastikan juga bagian mesin blender tidak tersambung dengan aliran listrik.

Merawat Blender

1. Jangan isi tabung blender sampai penuh

Perangkat yang satu ini memang praktis menghaluskan makanan dalam sekejap. Sama seperti alat masak lainnya, blender juga memiliki keterbatasan. Bila diisi dengan bahan makanan sampai penuh, mesin blender akan memanas dan bekerja terlalu keras. Alhasil, blender akan cepat rusak.

Oleh karena itu, sebaiknya tuang bahan makanan atau air seperempat sampai setengah tinggi tabung blender.

2. Potong bahan makanan sebelum masuk blender

Memasukkan bahan makanan langsung secara utuh dapat membuat perangkat blender mengalami kerusakan. Pasalnya, semakin besar bahan makanan, semakin keras kerja blender.

Untuk itu, potong bahan makanan kecil-kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender. Cara ini, terbukti efektif dan bisa membuat bahan makanan lebih cepat dihaluskan, sekaligus lebih hemat waktu dan listrik.

3. Nyalakan mesin seperlunya

Terkadang, pengguna sering merasa tidak puas sehingga mesin blender terus dinyalakan hingga bahan makanan benar-benar halus. Sejatinya, semakin lama menyala, mesin dapat memanas dan cepat rusak.

Oleh sebab itu, perhatikan selalu waktu penggunaan blender. Sebaiknya, gunakan blender sekitar 10 menit hingga 30 menit, tergantung pada jenis dan merek blender yang digunakan.

sas.call(“std”, {siteId:135920,// pageId:756194,// Page : ID_Beritasatu/beritasatu_megapolitanformatId: 44269,// Format : Video-Read 1x1target:”// Targeting});

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me