Kempupera Bangun Rusun Mahasiswa di Batam

Big Banner

Batam – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) membangun rumah susun (Rusun) untuk mahasiswa yang berlokasi di sekitar kampus Batam Tourism Polytecnic (BTP), sebagai bentuk dukungan kepada dunia pendidikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, mengatakan, pihaknya sengaja membangun rusun untuk mahasiswa di sekitar kampus BTP, mengingat mahasiswa yang menuntut ilmu di lembaga pendidikan itu berasal dari berbagai daerah.

“Ada anak yang dari pulau dengan beragam latar belakang agama dan suku. Asrama menjadi wadah akulturisasi, mengenal budaya satu sama lain. Apalagi ini untuk pariwisata,” kata Basuki, di Batam, Jumat (5/5).

Rusun itu juga untuk mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah dengan bentuk penyediaaan hunian vertikal.

“Pembangunan rusun ini diharapkan bisa menambah semangat serta memberikan ketenangan dan kenyamanan para mahasiswa dalam proses menimba ilmu,” kata Basuki.

Dirjen Penyediaan Rumah Kempupera, Syarif Burhanudin menjelaskan, rusun mahasiswa berdiri di areal seluas 1.463,08 meter persegi (m2), dan akan dibangun satu menara yang terdiri dari 3 lantai.

Rusun itu berkapastas 37 unit dengan tipe unit 24. Dua unit di antaranya sengaja dirancang untuk difable yang berada di lantai 1. Lantai 1 Rusun itu mampu menampung sebanyak 44 orang. Sedangkan untuk lantai 2 dan lantai 3 mampu menampung lebih banyak, yaitu masing-masing 52 orang.

“Sehingga daya tampung keseluruhannya sebanyak 148 orang. Masing-masing lantai akan dilengkapi oleh toilet komunal. Nantinya, rusun tersebut juga akan dilengkapi dengan ruang serbaguna, ruang pengelolaan yang berada dilantai 1, fasilitas listrik, air bersih, serta meubelair berupa tempat tidur tingkat, meja belajar, kursi belajar, dan lemari pakaian,” paparnya.

sas.call(“std”, {siteId:135920,// pageId:756194,// Page : ID_Beritasatu/beritasatu_megapolitanformatId: 44269,// Format : Video-Read 1x1target:”// Targeting});

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me