Masih Mau Nikah Sebelum Bisa Punya Rumah Sendiri?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

“Saya hanya mau menikah dengan cowok yang sudah punya rumah sendiri.” Kalimat seperti itu sudah sering terlontar dari wanita-wanita muda saat ini.

Sayangnya, ternyata tidak semua orang berpegang pada pendirian tersebut. Bahkan, beberapa wanita pada akhirnya menerima pinangan kekasih yang belum mampu membeli hunian tempat keluarga bernaung nantinya.

Baca juga: Bunga Kartu Kredit Turun, Waktunya Bayar DP Rumah!

Bukan sekadar omong kosong, hal ini diperkuat data yang cukup mencengangkan.  Berdasar data yang berhasil diolah tim Business Intelligence Rumah123 saat melakukan Sentiment Survey H1-2017 lalu, kebanyakan milenial ternyata lebih memilih menikah terkebih dulu ketimbang membeli hunian.

Dari keseluruhan responden, 67 persen di antaranya memilih berumah tangga meski harus tinggal bersama orangtua atau mengontrak. Persentase terbanyak, bahkan “ditempati” kelompok usia milenial.

Setidaknya 77 persen responden yang masuk golongan usia 22-28 tahun menomorduakan kepemilikan properti, tepatnya hunian, setelah pilihan menikah. Diikuti kelompok masyarakan di rentang usia 29-35 tahun. Ada 20,33 persen kelompok ini juga memilih menikah tanpa harus memiliki hunian.

Baca juga: Ga Juga Beli Rumah, Usia 45 Tahun Masih Tinggal dengan Orangtua

Persentase mengecil ketika menyentuh masyarakat yang berada di rentang usia 36-45 tahun. Hanya ada 1,63 persen dari kelompok responden ini yang mau menikah lebih dulu tanpa hunian sendiri.

Sementara mereka yang berada di atas usia 45 tahun, kebanyakan sudah mengutamakan adanya hunian sendiri sebelum menikah. Hanya 0,8 persen yang abaikan kebutuhan papan sebelum memasuki jenjang pernikahan.

Kalau kamu?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me