Jual-Beli Rumah Bekas pun Ada Kiatnya Loh!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Sering kongko-kongko bersama kalangan agen, developer, dan kontraktor, membuat Bayo BM (30) akrab dengan dunia properti. Tak heran lantas dia memutuskan untuk berbisnis properti.

Bersama teman-temannya kemudian Bayo membeli rumah seken, merenovasinya, lantas menjualnya kembali. Begitulah cara awal dia berbisnis properti.

Baca juga: Selain Lokasi, Aspek Apa Lagi yang Penting Dalam Bisnis Properti?

Menurut ayah seorang putra ini, kiat membeli rumah bekas adalah harus selektif. “Biasanya sih kami pilih rumah bekas sekitar 20 tahun usia bangunan. Setelah itu direnovasi sesuai permintaan. Paling standar sih 100 meter persegi atau dua kamar,” katanya saat dihubungi Rumah123, Selasa (9/5).

Ada beberapa jalur untuk mendapatkan rumah seken. Bisa dari pelelangan, para agen, hingga langsung si pemilik rumah. “Tapi, kebanyakan sih belinya secara langsung. Sebab, bisa lihat langsung kondisi rumah dan prosesnya pun jadi nggak ribet,” ujarnya.

Baca juga: Beli Rumah Bekas Kebakaran Rp850 Juta, Eh Sekarang Malah Ditaksir Rp4 Miliar

Bayo telah memulai bisnis merenovasi rumah sejak 2013. Karena modalnya patungan bersama teman-temannya, maka keuntungannya pun dibagi-bagi.

“Pembagiannya kadang 60:40, bisa juga 50:50. Kalau renovasi rumahnya standar dua kamar tidur dan hanya berdua saja yang berinvestasi, saya hanya minta bagian 40 persennya saja,” ucap Bayo. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me