Mau Bisnis Properti? Gak 100 Persen Harus Modal Sendiri Kok!

Big Banner
Ilustrasi Foto: Rumah123/iStock

Bisnis properti itu boleh dibilang gampang-gampang susah. Kalau sudah tahu selah-nya itu mudah, tapi kalau belum tahu ya susah juga. Paling gak, itulah yang dialami Bayo BM (30).

Pria beranak satu ini memulai bisnis propertinya pada pertengahan 2013. Apa persiapan penting bagi seseorang yang ingin berkiprah di bisnis properti?

“Sudah pasti harus berani dulu. Kemudian, berusaha belajar dari ahlinya dan sering-sering sharing,” ucapnya kepada Rumah123, Selasa (9/5).

Baca juga: Investasi Rumah Memang Tak Pernah Mengecewakan Loh!

Lantas, modal awal dananya bisa dari patungan beberapa peminat. “Kalau saya, modal awalnya itu gabungan dari teman-teman, dan saya sendiri punya background pernah jadi developer dan agen properti,” katanya.

Dari modal gabungan itu kemudian mereka belikan sebuah rumah seken tanpa penghuni. Kemudian, mereka sulap rumah itu jadi tampak baru dan siap huni.

Baca juga: Investasi Properti Selagi Muda, Kalau Tua Tinggal Kayanya, Ya Gak?

Apa panduan mereka menyulapnya? “Tergantung permintaan sih. Ada yang minta rumah standar dua kamar terus kami bagusin. Jadi, kami bongkar mulai dari atapnya. Ada juga yang minta dijadikan dua tingkat,” tuturnya.

Pada saat merenovasi rumah tersebut, mereka tidak begitu saja menyerahkannya pada kontraktor, semisal masalah pengadaan material bangunan mereka berusaha memantaunya. Begitu juga saat pengerjaan renovasi, tak luput dari pengawasan mereka.

Baca juga: Renovasi yang Menguntungkan Tuh Gini!

Hal itu pula yang saat ini dirasakan berat oleh Bayo karena kini dia ngantor di situs jual-beli properti. Pada hari-hari kerja, Bayo tak sempat lagi untuk mengawasi pengerjaan renovasi. Alhasil, dari pengembang kecil-kecilan kini dia beralih jadi investor.

Sebagai investor properti, Bayo tak lagi harus mengawasi renovasi rumah atau pembangunan rumah dari tanah kavling.

“Karena sekarang ada kerjaan tetap dan tidak bisa mengawasi sepenuhnya renovasi untuk bisnis properti, maka saya sekarang berinvestasi saja,” ucapnya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me